Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Jaringan


Pengertian Jaringan secara umum adalah kumpulan elemen yang saling berhubungan dan melakukan suatu fungsi khusus untuk mencapai tujuan bersama. 

Dalam ilmu Biologi Pengertian Jaringan adalah sekelompok sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama.

Pengertian Jaringan dalam ilmu komunikasi didefinisikan sebagai pelaksanaan proses komunikasi dalam komunitas atau beberapa komunitas yang berbeda. Setiap komunitas terdiri atas elemen pembentuknya yang saling terhubung antara satu sama lain dan membentuk satu kesatuan utuh yang terikat melalui suatu jaringan.

Salah satu ciri khas teori jaringan adalah fokus perhatian pada struktur mikro hingga makro.  Artinya bahwa bagi teori jaringan, aktor dapat saja terjadi pada individu, kelompok maupun masyarakat (Barker, 1990).  Konteks ini menunjukkan bahwa hubungan dapat saja terjadi ditingkat struktur sosial skala luas maupun tingkat yang lebih miskroskopik.  

Granoveter (1985) melukiskan hubungan di tingkat mikro itu seperti tindakan yang “melekat” dalam hubungan pribadi konkret dan dalam struktur (jaringan) itu.  Hubungan ini berlandaskan gagasan bahwa setiap aktor (individu atau kolektivitas) mempunyai akses berbeda terhadap sumber daya yang bernilai (kekayaan, kekuasaan, informasi dan sebagainya).  Akibatnya adalah bahwa sistem yang terstruktur cenderung terstratifikasi, sehingga komponen tertentu  akan tergantung pada komponen yang lain. (Dalam Study Literatur Jaringan sosial Dr. Harnita Agusnty, S.Pi, M.Si).

Berbagai definisi Jaringan dapat dihubungkan di berbagai sektor seperti dalam sistem jaringan komputer, jaringan sosial, dan jaringan sebagai bagian penting dari setiap strategi bisnis, jaringan ini terutama berkaitan dengan penggunaan kemajuanteknologi untuk membangun dan memelihara hubungan antara kelompok tertentu atau beberapa kelompok yang berbeda.

Pengertian Jaringan Dalam Teknologi Informasi

Jaringan dalam teknologi informasi (TI), merujuk pada penggunaan jaringan komputer. 

Dalam istilah komputasi, pengertian jaringan adalah sekelompok sistem komputer atau perangkat teknologi terkait yang terhubung ke satu sama lain baik menggunakan media penghubung kabel 
maupun dengan teknologi nirkabel. 

Dalam hal ini jaringan termasuk membangun dan memelihara hubungan antara banyak sistem jaringan komputer yang berbeda untuk melakukan proses yang diperlukan melalui komunikasi dan berbagi secara efektif. 

Internet adalah salah satu contoh bagaimana jaringan komputer berkomunikasi dengan komputer lainnya di dunia.

Teknologi informasi adalah sektor luas dan beragam yang diwakili dalam beberapa bentuk di hampir semua industri. Ini adalah penggabungan dari teknologi komputer dan komunikasi di mana seorang profesional TI melakukan berbagai tugas, mulai dari pengembangan dan instalasi untuk merancang jaringan komputer yang kompleks dan aplikasi database.

Pengertian jaringan komputer adalah gabungan dari dua komputer atau lebih yang saling berhubungan dengan sebuah media baik melalui dengan jaringan kabel atau nirkabel sehingga komputer-komputer tersebut dapat saling berbagi sumberdaya dan saling bertukar komunikasi.