Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Install Ubuntu Server

Ubuntu Server merupakan salah satu system operasi Linux yang ditujukan khusus untuk keperluan server sama halnya dengan beberapa distro Linux yang lain. Instalasi hanya dilakukan pada base CLI dan paket-paket instalasi tertentu yang sudah tersedia di dalam CD/DVD atau file .iso instalasinya.

Mengenai tahapan-tahapan Instalasi Ubuntu Server 12.04.5 secara lengkap adalah:
  • Lakukan pengaturan first boot ke CD/DVD pada BIOS jika melakukan instalasi di C komputer server atau
  • Jika menggunakan virtual machine maka buat virtual Machine baru di VirtualBox/VMware kemudian Start maka akan muncul seperti gambar berikut:


  • Pilih jenis bahasa untuk sistem server yang akan dibangun,
> English
> Enter, maka akan masuk ke tahap berikutnya,



Pada gambar diatas pilih "Install Ubuntu Server" karena pada tahap ini akan dilakukan penginstalan system operasi Ubuntu server, enter kemudian pilih kembali bahasa English dan enter maka akan muncul seperti gambar berikut:


Kemudian pilih lokasi anda berada, Pilih Other (enter), Asia (enter), Indonesia (enter), United States (enter), kemudian pilih model keyboard yang digunakan, biarkan default dengan memilih No seperti pada gambar:


Masih dalam proses memilih model keyboard, pilih English (US), English (US), kemudian pada configure the network pilih Continue dan pilih Do not configure the network at this time, kemudian buat nama server yang sedang di instal seperti gambar:


Kemudian buat nama user, username dan password sesuai yang diinginkan. Pada Encrypt your home directory? Pilih No, kemudian pilih Jakarta pada pengaturan waktu.

Untuk membuat partisi pada server pilih Guide – use entire disk and set up LVM, tujuannya adalah agar system menentukan sendiri partisi apa saja yang dibutuhkan secara default pada sebuah server.


Ikuti langkah-langkahnya sampai muncul seperti gambar berikut dan pilih Yes


Pada tahap berikutnya, pilih No automatic updates agar sistem tidak melakukan update pada saat proses instalasi, kemudian pada Software selection biarkan kosong. 

Kemudian Install GRUB boot loader pilih Yes agar server bisa menyala normal ketika dilakukan power on atau di hidupkan.

Tunggu sampai proses instalasi benar-benar selesai dan muncul tampilan login, login lah dengan username dan password yang sebelumnya telah dibuat, maka berikut adalah tampilan awal dari Ubuntu Server 12.04:



Demikian cara install ubuntu server, selamat mencoba.