Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Minum Air Putih Pada Waktu Tertentu


Air putih tenyata tidak bisa disesepelekan. Di balik kesederhanaan tampilannya, air putih tidak hanya berguna mencegah dehidrasi tubuh, namun juga memiliki berbagai keuntungan lainnya. Minuman jenis lain, misalnya soft drink, tergolong tinggi gula dan kalori sehingga dapat menambah berat badan Anda. 

Minuman berenergi yang kerap dipilih sebagai sumber cairan juga harus dipertimbangkan sebab mengandung gula dan kafein. Demikian pula ketika meminum jus buah kemasan, selalu perhatikan label produknya terlebih dahulu.

Air putih yang bebas kalori dan gula merupakan pilihan paling sehat demi menjaga tubuh tetap memiliki cairan yang cukup, sekaligus mengatasi rasa haus kapan saja. Selain itu, manfaat minum air putih memiliki beragam fungsi bagi tubuh, antara lain:

1. Menjaga kadar cairan tubuh, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, dan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal.

2. Membantu memberikan energi pada otot dan melumasi sendi-sendi agar tetap lentur. Ketidakseimbangan cairan dapat memicu kelelahan pada otot.

3. Membantu mengendalikan asupan kalori tubuh. Minum air putih jauh lebih baik dalam mencegah peningkatan berat badan dibandingkan minuman yang mengandung tinggi kalori.

3. Menjaga kesegaran kulit.

4. Melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif pada tubuh lainnya.

Selain manfaat tersebut diatas, berikut beberapa manfaat yang juga dapat diambil dari minum air putih setiap harinya.

Merawat kulit

Minum air putih satu liter setiap harinya dapat membuat kulit menjadi lebih sehat dan juga terawat. Air putih bisa menghilangkan kotoran yang ada dalam tubuh dan juga kulit. Kulit yang kekurangan air dapat mengalami kekeringan dan dapat merusak kesehatan kulit.

Memperlancar pencernaan

Manfaat air putih bagi tubuh yang selanjutnya yaitu dapat memperlancar pencernaan. Air putih dapat membuat pencernaan menjadi lebih sehat dan juga lancar. Orang yang rutin meminum air putih setiap harinya dapat terhindar dari sembelit ataupun gangguan pencernaan lainnya.

Menjaga metabolisme tubuh

Manfaat dari air putih yang lainnya yaitu bisa membantu memperlancar metabolisme dalam tubuh. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa 90% tubuh terdiri dari cairan, jadi sebisa mungkin kebutuhan air dalam tubuh harus dipenuhi. 

Dengan terpenuhinya kebutuhan air dalam tubuh bisa menjadikan metabolisme dalam tubuh tetap terjaga dengan baik.

Membantu program diet

Air putih juga sangat baik untuk program diet. Manfaat air putih untuk diet sangat penting, tanpa konsumsi air putih yang cukup diet yang Anda lakukan tidak akan berhasil. Air putih dapat meluruhkan dan mempercepat pencernaan dalam tubuh sehingga makanan yang masuk bisa langsung dicerna oleh tubuh.

Menyehatkan otak

Manfaat terpenting dari air putih yaitu menyehatkan otak. Kekurangan air putih dapat menyebabkan otak terganggu. Maka dari itu, ketika Anda berfikir keras dan sudah jenuh, cobalah minum air putih yang cukup, otak Anda bisa rileks dan fresh kembali.

Menyehatkan ginjal

Minum air putih satu liter setiap hari dapat menyehatkan ginjal Anda. Konsumsi air putih bisa memperlancar kerja ginjal dan menjaga ginjal tetap dalam keadaan sehat.

Seperti yang sudah dijelaskan, minum air putih hukumnya wajib. Tubuh yang kekurangan cairan akan membuat virus dan kuman mudah masuk dan menyerang tubuh. Minimal, dalam sehari Anda minum 8 gelas atau satu liter air putih.

Teh memang air namun sudah dicampur dengan teh, yang sehat adalah minum air putih satu liter setiap harinya. Manfaat air putih untuk tubuh sangat banyak, air putih merupakan minuman wajib bagi setiap orang. Semoga bermanfaat