Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Video Teks Berjalan di Camtasia

Bagi anda yang sedang belajar membuat dan edit – edit video pasti baik untuk keperluan pribadi maupun untuk menghasilkan uang melalui youtube pasti mencari-cari cara membuat video teks berjalan untuk membuat pembuka ataupun penutup dari sebuah video yang sedang di edit.

Di artikel ini saya akan share cara membuat video teks berjalan di camtasia. Di artikel ini dibuat masih yang sangat sederhana, anda bisa berkreasi untuk hasil yang lebih maksimal.

Untuk melanjutkan artikel tutorial ini anda harus memiliki aplikasi Camtasia yang sudah terinstal di computer atau laptop yang anda gunakan untuk mengedit atau membuat video, jika belum memilikinya bisa anda download dan install terlebih dahulu.

Jika sudah lanjutkan dengan:

Buka aplikasi Camtasia


Kemudian buat Teks yang akan dijadikan sebagai Teks berjalan, caranya: Klik pada Callouts - Klik Segitiga kebawah dan klik pada T seperti gambar dibawah


Pada Dimensions pilih saja Youtube & Screencast dan klik OK. Ketiklah kata-kata yang anda inginkan dan lakukan perubahan ukuran huruf, jenis huruf, warna huruf sesuai keinginan anda.


Kemudian klik More pilih Visual Properties kemudian geser teks ke arah yang ingin anda jadikan awal munculnya teks, disini saya geser ke kiri


Klik Add Animation pada ujung kiri atas, kemudian geser teks tadi ke arah kanan, jadi teks akan muncul dari kiri dan bergerak ke arah kanan.

Kemudian arahkan kursor pada bulatan yang berada di teks seperti lingkaran merah dibawah



dan tarik ke arah kanan sehingga seperti berikut


Maka sampai disini teks akan muncul dari kiri dan bergerak ke arah kanan, silahkan di play untuk melihat hasilnya.

Sangat mudahkan? anda bisa berkreasi dan berimajinasi agar pergerakan teks bisa lebih keren lagi. Sekian selamat mencoba dan semoga bermanfaat