Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Bandwidth

Bandwidth adalah kata yang sering kita dengar apabila sedang membicarakan sebuah layanan jaringan Internet. Ketika sedang melakukan instalasi jaringan hal yang paling pertama kali ditanyakan pasti mengenai bandwidth.




Selama saya bergelut dibidang jasa Internet, masih lebih banyak yang salah mengartikan mengenai bandwidth, pertanyaan yang paling sering terdengar adalah "berapa Mb kecepatannya?

Sudah jelas pertanyaan seperti itu mengarah pada kapasitas bandwidth. Jadi selama ini bandwidth masih diartikan sebagai kecepatan sebuah layanan jaringan, baik Internet maupun Intranet.


Apa sebenarnya bandwidth itu?

Bandwidth adalah kapasitas maksimun data yang bisa dilewatkan pada sebuah jaringan dalam hitungan detik atau yang sering di singkat Mbps (Mega bits per second).


Jadi bandwidth bukan kecepatan jaringan?

Jelas bukan, karena kecepatan transfer dari sebuah data antar komputer tidak pernah berubah. 

Jadi kalau bandwidth kita artikan sebagai kecepan maka kecepatan akan menjadi berubah pada saat trafic penggunaan data pada sebuah jaringan melebihi kapasitas yang ada, kita sering menyebutnya lelet alias lambat, padahal penyebab lelet tersebut adalah data yang mengantri untuk dikirimkan ke tujuan akibat dari pemakaian yang sudah melebihi kapasitas pada link atau jaringan tersebut.


Analoginya

Bandwidth kita analogikan sebagai sebuah pipa air, dan air adalah data yang akan dilewatkan. 

Pada sebuah bendungan untuk pengairan sawah terdapat kumpulan air yang sangat banyak tentunya, namun karena aliran atau jalan air menuju sawah hanya berupa parit kecil maka air pada bendungan yang begitu banyak tidak langsung bisa mengalir semuanya menuju sawah namun mengantri karena parit yang kecil, namun derasnya air yang mengalir pada parit tidak pernah berubah.


Kesimpulannya

Bandwidth adalah kapasitas data maksimun yang bisa dilewatkan pada sebuah jaringan dalam hitungan detik bukan kecepatan sebuah jaringan dalam hitungan detik.

Demikian semoga bermanfaat, bila kurang faham boleh tinggalkan pesan pada kotak komentar.