Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian BGP

Pengertian BGP


Pengertian BGPBGP (Border Gateway Protocol) merupakan routing protocol utama yang digunakan untuk membentuk internet. BGP merupakan salah satu routing protocol yang ada selain routing protocol RIP, EIGRP dan OSPF.

Pada internet, berbagai macam router dari berbagai pihak macam pihak saling dihubungkan dalam skala besar sehingga membentuk internet seperti sekarang ini.

Kita tidak bisa menggunakan routing protocol IGP (EIGRP,OSPF,RIP) sebagai routing protocol untuk menghubungkan router-router yang ada karena semua router yang saling terhubung tersebut tidak dimiliki oleh pihak yang sama, sehingga harus menggunakan protocol EGP yang dalam hal ini pilihannya hanya BGP saja.

Sebelum menggunakan BGP seperti saat ini, dulunya komunikasi internet menggunakan konsep yang tersentralisasi menggunakan routing protocol EGP. 

Ketika internet kemudian ternyata semakin berkembang pesat, maka kemudian untuk mempermudah proses administrasi router-router dijaringan dibentuklah konsep pengelompokan yang disebut dengan Autonomous System (AS).




Pengertian BGP

Pada awalnya protocol BGP versi pertama masih mampu menjalankan fungsi sebagai eksterior routing protocol di internet, namun seiring berjalannya waktu dan bertambahnya jumlah dari Autonomous System pada jaringan global dan juga komunikasi pada jaringan internet yang semakin meningkat membuat protocol EGP tidak mampu lagi dalam memberikan jalur terbaik dari sekian banyaknya jalur.

Melihat kondisi tersebut mulailah dibuat routing protocol exterior versi baru dengan peningkatan kemampuan menangani jumlah route yang besar seperti pada jaringan internet saat ini, mampu memilih jalur terbaik untuk mengirimkan paket data berdasarkan penggunaan attribute yang dimiliki BGP.

Awalnya BGP dibuat sekitar Juni 1989, versi pertama dari protocol routing yang baru dibuat dan dipublikasikan dengan nama Border Gateway Protocol (BGP) RFC 1105. Versi awal dari BGP ini sebagian besar menjelaskan konsep dibalik routing protocol, antara lain seperti messaging diantara perangkat BGP, format pesan dan bagaimana perangkat dapat menjalankan protocol.

Saat ini BGP tidak hanya bisa di konfigurasi pada router Cisco saja, namun pada Router Mikrotik versi tertentu juga sudah memiliki fitur BGP ini. Tentunya untuk cara konfigurasi BGP antara router Cisco dan router Mikrotik memiliki sedikit perbedaan.

Untuk konfigurasi BGP akan coba saya sharing pada artikel berikutnya, demikian mengenai BGP secara singkat semoga bermanfaat.