Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian dan Penjelasan Tentang DNS Server Lengkap

Komputer menggunakan IP address dalam berkomunikasi antar komputer dalam sebuah jaringan internet, termasuk juga saat kita mengakses web melalui browser.



Apa itu DNS?

DNS merupakan kependekan dari Domai Name System atau ada juga yang menyebutnya Domain Name Service (sama saja). DNS adalah sebuah sistem yang berfungsi menerjemahkan alamat domain (ex: inf0skitar.blogspot.co.id) ke sebuah alamat IP address.


Seperti penjelasan diatas bahwa DNS adalah sebuah sistem yang berfungsi menerjemahkan alamat domain ke IP address. Contoh pada gambar diatas, ketika saya melakukan ping ke domain google.com, maka pada replay terlihat tidak terlihat kata google.com melainkan sebuah alamat IP addres 74.125.68.139, sama juga jika dilakukan ping ke yahoo.com, detik.com, facebook.com dll.

dari hasil itu sangat jelas bahwa DNS fungsinya merubah atau mentranslasikan sebuah nama domain ke IP adress.

Mengapa domain harus dirubah ke IP adress? 
Pertama, Karena komputer berkomunikasi menggunakan bilangan biner ( 0 1 ) yang merupakan asal usul dari IP adress, komputer tidak berkomunikasi dengan kata-kata. 

Kedua, Karena untuk mengakses sesuatu lebih gampang mengingat sebuah nama daripada sebuah IP address, contoh: untuk membuka google di url, lebih gampang mengingat dan mengetikkan google.com atau 74.125.68.139? tentunya google.com

Tanpa adanya DNS kita akan kesulitan untuk mengkases sebuah alamat domai seperti facebook, detik dll karena kita harus tahu berapa IP address yang digunakan pada server facebook, detik dll.

DNS Server
DNS Server adalah sebuah server yang dapat melayani permintaan client untuk mengetahui alamat IP addres yang digunakan sebuah domain. Misalnya ketika kita mengakses facebook.com maka secara otomatis DNS Server akan mencari alamat IP address facebook.com agar komputer kita bisa menampilkan halaman facebook.com.

Untuk menggunakan Server DNS, kita harus memasukan IP address server DNS tersebut pada pengaturan IP address komputer kita.

Jika kita memiliki router, kita bisa membuat DNS sendiri pada router tersebut dan memasukkan pada komputer, namun DNS yang akan berfungsi untuk mengarahkan komputer kita ke alamat tujuan tetaplah DNS server yang dimiliki oleh provider internet tempat kita terkoneksi dengan jaringan internet.