Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Beserta Bekasnya

Wajah Anda Berjerawat? Inilah Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Beserta Bekasnya yang bisa anda coba. Salah satu penyakit wajah terbesar yang dialami pria dan wanita adalah jerawat, sehingga banyak yang karena berjerawat penderitanya mengalami penurunan rasa percaya diri disaat melakukan aktivitas ditempat-tempat yang ramai. 

Sebelum membahas tentang cara menghilangkan jerawat secara alami beserta bekasnya, mari kita kenali dulu jenis-jenis jerawat.

Jenis-jenis jerawat yang umumnya dialami

Jerawat memiliki banyak jenis sehingga penanganannyapun berbeda-beda. Berikut ini jenis dari jerawat yang biasanya diderita oleh seseorang:

1. Jerawat Pasir

Ukuran dari jerawat pasir ini ialah kecil-kecil dan mirip dengan jerawat biasa. Yang membedakan hanyalah jerawat pasir berukuran kecil tapi jumlahnya sangat banyak. 

Umumnya penderita jerawat ini tidak merasakan sakit akibat meradang, tetapi jerawat pasir bisa membuat wajah tidak sedap untuk dilihat karena tidak terlihat mulus.

2. Jerawat Batu

Ukuran jerawat batu lebih besar daripada jerawat pada umumnya. Jerawat ini dapat menyakitkan karena bisa membuat peradangan di wajah. Jika jerawat ini dibiarkan saja, nanti setelah sembuh akan membuat bekas cekungan di wajah. 

Biasanya orang yang terkena jerawat batu ini sering memecahkan sendiri jerawatnya dengan tangan, ini adalah kebiasaan buruk jika tangan masih mengandung kuman malah akan berbahaya jadi jangan sekali-kali memecahkan jerawat dengan tangan tapi obatilah dengan cara medis atau tradisional.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Beserta Bekasnya

1. Menggunakan Madu

Cara menghilangkan jerawat secara alami yang pertama adalah dengan madu. Bahan ini sudah sangat terkenal dengan segudang manfaatnya untuk membuat kulit lebih halus dan sehat. 

Kehebatan madu sendiri juga dapat membantu anda yang sedang berjuang untuk menghilangkan jerawat. Madu memiliki kandungan antibiotik dan gizi yang tinggi, sehingga dapat menjadi pencegah infeksi yang bisa membuat meradangnya jerawat.

Cara Penggunaan: 

Cara memakai madu juga sangat gampang, hanya perlu dioleskan secara merata pada wajah yang berjerawat.

Selain dengan menggunakan madu, bisa juga anda membuat masker dengan menggunakan campuran madu dengan putih telur.

Caranya adalah dengan mencampurkan kedua bahan tersebut dan aduk-aduk.
Setelah itu oleskan campuran madu dan putih telur tersebut ke wajah yang berjerawat.

2. Es Batu

Cara menghilangkan jerawat secara alami selanjutnya adalah dengan es batu. Selain digunakan untuk membuat minuman dingin, ternyata es batu juga dapat menghilangkan jerawat. 

Es batu bisa mengecilkan pori-pori pada kulit wajah, tak hanya itu es batu juga dapat meningkatkan sirkulasi darah pada daerah di sekitar jerawat. Bagi anda yang memiliki minyak berlebih, juga dapat memberikan es batu pada kulit.

Cara Penggunaanya: 

Cara menghilangkan jerawat dengan es batu cukup mudah, 
  • Pertama siapkan es batu yang akan dioleskan di wajah lebih baik dibungkus dalam kain yang bersih.
  • Tempelkan es batu yang sudah dibungkus tersebut pada wajah yang berjerawat dan tempelkan selama beberapa menit.
  • Lakukan proses itu secara rutin hingga jerawat sembuh.

3. Tomat

Sayur yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi untuk digunakan dalam perawatan kulit. Selain dapat mengencangkan kulit, tomat juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat. Hal itu disebabkan tomat mengandung vitamin A dan C yang sangat baik untuk kulit mauoun tubuh.

Cara Pengguaan: 

Cara mengobati jerawat dengan tomat yang adalah:
  • Sediakan tomat yang matang yang berwarna kemerahan.
  • Potong tomat tersebut secara tipis-tipis dan tempelkan pada wajah yang berjerawat.
  • Biarkan selama 10 sampai 15 menit.
  • Lakukan hal itu denga rutin agar jerawat bisa segera hilang.

4. Lemon

Cara keempat adalah menggunakan Lemon, Lemon mengandung Asam alpha dan askorbat-L yang bisa mengurangi peradangan pada kulit anda yang berjerawat serta dapat membantu membersihkan pori – pori wajah anda yang tersumbat. 

Selain itu Lemon sudah lama dikenal sebagai penghilang noda/bintik hitam pada wajah dan sebagai salah satu bahan untuk memutihkan wajah yang alami.

Cara penggunaannya: 
  • Anda siapkan 1 buah lemon segar kemudian potong menjadi 2 bagian, yang masing – masing bagian lalu di peras.
  • Dari hasil perasan lemon anda oleskan pada wajah anda yang berjerawat setelah itu diamkan selama sekitar 110-15 menit
  • Kemudian basuh dengan air yang bersih dan segar dan keringkan menggunakan handuk.
  • Jika lemon cocok untuk wajah anda lakukan perawatan menggunakan lemon ini dengan rutin,
  • Selain itu lemon juga dapat membantu anda untuk menghilangkan komedo.

5. Lidah Buaya

Pada lidah buaya banyak mengandung zat besi, zat aktif dan vitamin A serta D yang dapat membantu anda untuk mengatasi masalah jerawat beserta bekasnya, selain itu lidah buaya juga dapat mengatasi rambut rontok.

Cara Penggunaanya: 
  • Potong terlebih dahulu lidah buaya menjadi 2 atau 4 bagian kemudian hilangkan duri pada lidah buaya yang berada di samping kanan dan kiri.
  • Setelah itu kupaslah bagian lainnya untuk mengambil gel pada lidah buaya.
  • Hasil gel tadi di letakan di wadah kemudian lembutkan dan oleskanlah pada area kulit anda yang berjerawat.
  • Setelah itu diamkan 4 – 6 menit dan Bilas dengan air bersih.

6. Pasta Gigi

Dengan Pasta gigi yang sering anda gunakan untuk menggosok gigi ternyata dapat juga digunakan untuk mengobati jerawat, karena pada pasta gigi terdapat bahan menthol, triclosan, dan minyak esensial. 

Tidak hanya itu pada pasta gigi juga terkandung baking soda yang dapat mengobati jerawat dan menyembuhkan bekas luka jerawat. Namun untuk pemakian masker ini jangan berlebihan cukup 1 kali dalam sehari

Cara Penggunaanya: 
  • Pertama anda harus membersihkan terlebih dahulu seluruh area wajah
  • Kemudian oleskanlah pasta gigi pada wajah yang berjerawat lalu diamkan selama sekitar 5 menit
  • Sama seperti cara – cara sebelumnya anda bilas hasil olesan pada wajah anda menggunakan air bersih.

PERHATIAN!!

Dari ke-6 bahan alami diatas anda harus tetap mencocokan mana yang cocok dengan kulit anda karena tidak semua bahan alami juga cocok dengan kulit anda, jika ada salah satu bahan diatas membuat bertambah jerawat atau gatal saat digunakan anda harus cepat membilasnya dan mencoba mengganti dengan bahan alami yang lainnya. 

Untuk hasil lebih baik caramedis.com menganjurkan anda tetap konsultasikan dengan dokter kepercayaan anda untuk bahan alami mana yang dapat anda gunakan untuk mengobati jerawat anda atau anda dapat mencoba menggunakan Cream alami agar lebih simple tanpa ribet

Saran penulis:

Dari beberapa tips untuk mengatasi jerawat diatas, ada cara yang menurut caramedis lebih ampuh untuk menghindari jerawat, apakah itu ?? yaitu membasuh selalu wajah setiap anda berpergian ataupun sehabis berkerja menggunakan air yang bersih dan segar.