Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Unidentified Network Pada Windows 10

Beberapa hari yang lalu tepatnya 3 hari yang lalu saya selesai melakukan install ulang laptop kerja saya karena sering blue screen dan restart sendiri pada saat saya melakukan konfigurasi perangkat ip. Baru kali ini saya menginstall laptop dengan OS Windows 10 dan hal anehpun terjadi yaitu jaringan di Local Area Network (LAN) berstatus Unidentified Network baik diseting ke mode ip DHCP maupun Static.

Selama 3 hari saya berusaha mencari solusi mengatasi unidentified network pada windows 10 yang hasilnya nihil meskipun sudah mengikuti semua step-step yang ada pada artikel yang saya baca di mbah google. Setelah 3 hari dan saya hamper lelah dan berniat akan mengembalikan laptop saya ke OS Windows 7 saya menemukan komentar pembaca pada sebuah artikel yang membuat saya tertarik ingin mencobanya.

Pada artikel ini saya akan berbagi cara mengatasi unidentified network pada windows 10 yang sangat gampang dan simple.

Mengatasi Unidentified Network Pada Windows 10

Masuk ke Open Network and Sharing Center
Change adapter settings
Klik kanan pada Ethernet (LAN) dan pilih Properties

Pada Ethernet Properties cari Internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6) seperti pada gambar dibawah,


Hilangkan centang pada kotak kecil sehingga seperti gambar berikut,


Terakhir klik OK,

Sampai disini saya coba koneksi menggunakan LAN dan hasilnya normal. Tahukah anda komen yang saya baca pada artikel yang sudah saya singgung diatas adalah "penyebab adanya kasus Unidentified Network adalah karena service IPv6 aktif bersamaan dengan IPv4, maka solusinya cukup disable service IPv6 nya"


Begitulah cara Mengatasi Unidentified Network Pada Windows 10, semoga bisa membantu dan selamat mencoba.