Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mematikan atau Disable Startup Pada Windows 10

Pada saat komputer pertama kali dinyalakan, komputer akan melakukan beberapa step dalam urutan yang selalu sama, pertama ROM BIOS akan melakukan serangkaian test diagnosis untuk memastikan bahwa processor dan memory bekerja dengan baik. Kemudian BIOS akan melakukan pengecekan terhadap beberapa komponen komputer yang lain, termasuk hardisk dan video card. Setelah semua test itu selesai, maka BIOS akan menjalankan urutan pertama dari serangkaian program untuk memulai sistim operasi windows, proses tersebut biasa kita kenal dengan nama startup komputer atau booting.

Startup adalah tindakan atau proses memulai. Dalam computer startup berarti proses memulai menjalankan system operasi dan aplikasi pendukung atau sering juga disebut dengan proses booting.

Saat startup ada yang terjadi dengan cepat dan ada juga proses startup yang terjadi dengan lambat, ini disebabkan oleh beberapa hal diantaranya adalah:
System operasi yang rusak/ terkena serangan virus
Spek computer/laptop yang rendah
Banyak program yang berjalan otomatis ketika computer dihidupkan

Pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara mematikan atau disable startup pada windows 10, sebenarnya cara mematikan atau disable startup ini sama saja pada system operasi windows lainnya.

Cara Mematikan atau Disable Startup Pada Windows 10 yaitu:
Pada keyboard, tekan Ctrl+Alt+Delete secara bersamaan, maka akan muncul tampilan seperti ini:






Pilih Task Manager,


Pada tab Startup, pilih aplikasi yang akan di Disable, kemudian klik Disable, seperti gambar berikut:


Maka secara otomatis aplikasi tersebut tidak akan berjalan pada saat komputer proses Startup atau Booting.

Demikian cara mematikan atau disable startup pada windows 10, semoga membantu