Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Copy Paste Teks Di Linux Ubuntu Server

Cara Copy Paste Teks Di Linux Ubuntu Server - Mungkin banyak diantara kita yang ingin melakukan copas alias copy paste teks yang ada di linux Ubuntu server namun bingung dan tidak tahu cara melakukannya, mudah – mudahn artikel ini bisa membantu sobat blogger sekalian.

Artikel ini penulis buat atas dasar pengalaman yang sama, ingin copas di linux mail server dan terbentur pada minimnya pengetahuan linux, akhirnya penulis minta petunjuk pada seorang kawan dan akhirnya berhasil.




Baik langsung saja kita ke Tee Kaa Pee

  • Install SSH Server

Secure Shell atau SSH adalah protokol jaringan yang memungkinkan pertukaran data melalui saluran aman antara dua perangkat jaringan. Untuk keperluan copy paste di ubuntu server kita harus menginstall ssh terlebih dahulu.

Terutama banyak digunakan pada sistem berbasis Linux dan Unix untuk mengakses akun shell, SSH dirancang sebagai pengganti Telnet dan shell remote tak aman lainnya, yang mengirim informasi, terutama kata sandi, dalam bentuk teks sederhana yang membuatnya mudah untuk dicegat.

Enkripsi yang digunakan oleh SSH menyediakan kerahasiaan dan integritas data melalui jaringan yang tidak aman seperti Internet.

Untuk mengaktifkan service SSH server pada linux Ubuntu server maka perlu memasang openssh-server dengan mengetikkan perintah:
sudo apt-get install openssh-server
Jika muncul pertanyaan pilih (Y) dan biarkan proses installasi berjalan sampai selesai. Jika sudah selesai maka SSH server sudah bisa digunakan, namun portnya masih default yang semua orang tahu yaitu port 22. 

Maka atas nama keamanan kita perlu untuk menggantinya namun kalau sobat hanya belajar – belajar saja tidak perlu untuk mengganti.

Jika ingin mengganti port 22 menjadi port sesuka sobat yang pastinya belum dipakai caranya:
sudo gedit /etc/ssh/ssd_config
dibawah baris komentar “# What ports, IPs annd protocols we listen for”, angka 22 ganti dengan port yang sobat inginkan, misalnya saya ganti ke 21112 kemudian save.

Agar port yang baru diganti tadi berfungsi sebagaimana mestinya, maka service ssh perlu direstart, caranya:
sudo /etc/init.d/ssh restart atau
sudo service ssh restart
Setelah itu buka aplikasi Putty, jika belum ada bisa di download secara gratis tis tis di google. Setelah terbuka pilih SSH dan masukkan ip address linux sobat dan juga port nya, seperti pada gambar:



Klik Open, jika muncul kotak pertanyaan pilih Yes

Perlu di ingat bahwa ip address pc/laptop yang menggunakan putty harus satu segmen dengan ip linux server jika menggunakan ip private.

Setelah terbuka blok teks yang ingin di copas (copy paste) kemudian pastekan dimana sobat ingin meletakkannya.

Demikian cara copy paste teks di linux Ubuntu server, semoga bermanfaat dan membantu, terimakasih.