Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Install OS Mikrotik di PC


Mikrotik adalah perangkat jaringan yang juga sering disebut router karena fungsinya menentukan jalur yang akan dilewati packet data pada sebuah jaringan. Pada umumnya mikrotik sudah di embedded atau di tanam pada sebuah board yang sering disebut router board, namun pada kenyataannya ada IT administrator yang ingin menggunakan Mikrotik PC yang artinya OS Mikrotik di install pada sebuah CPU PC seperti server.

Artikel ini membahas cara install OS Mikrotik yang pada prakteknya dilakukan di sebuah CPU PC namun saat artikel ini dibuat mikrotik di install pada aplikasi VirtualBox yang pada dasarnya tidak ada perbedaan.

Langsung saja ke TeKaPe…

Pertama karena di VirtualBox, kita buat dahulu virtual machine yang berfungsi sebagai tempat OS Mikrotik akan di install, caranya:

Buka aplikasi VirtualBox, jika belum ada silahkan download dan install terlebih dahulu. Kemudian lihat kiri atas layar aplikasi, klik New


Akan muncul window baru Create Virtual Machine, kemudian tentukan:

Nama             : (penamaan bebas), contoh: Mikrotik
Type              : Other
Version         : Other/Unknown


Klik Next, kemudian pada Memory size tentukan besaran memory yang akan digunakan, defaultnya 64MB


Kemudian klik Next sampai pada window ini, tentukan kapasitas harddisk yang akan digunakan, ini hanya untuk yang menggunakan aplikasi VirtualBox


Kemudian klik Create, maka machine Mikrotik sudah siap dibuat. Langkah selanjutnya adalah memasukkan OS Mikrotik ke virtual machine yang sudah dibuat tadi agar segera bisa dilakukan penginstalan.

Klik pada Settings, akan keluar window baru kemudian klik pada Storage dan cari dimana anda menyimpan file iso OS Mikrotik yang akan di install kemudian klik OK.



Proses install

Klik Start, maka akan muncul windows baru berupa pilihan apa – apa saja yang akan di install,


biasanya semua yang ada di pilih untuk di install dengan menekan tombol “a” pada keyboard, kemudian tekan tombol “i” untuk memulai penginstalan.


Tunggu sampai proses selesai, jika berhasil maka akan diminta untuk menekan ENTER untuk melakukan Reboot. Tapi sebelumnya unmount terlebih dahulu CD/ISO Mikrotiknya agar tidak kembali ke proses penginstalalan, yang menggunakan VirtualBox cara unmountnya seperti pada urutan gambar dibawah ini


Kemudian tekan enter untuk melakukan Reboot, setelah selesai reboot kita akan langsung dibawa pada halaman Login, maka silahkan login dengan menggunakan username dan password default (admin/password kosong).

Setelah login tampilannya akan seperti ini:



Untuk melakukan konfigurasi melalui aplikasi winbox, akan saya jelaskan pada artikel berikutnya. Demikian semoga membantu dan selamat mencoba.

Untuk versi video ada dibawah ini: