Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Image Mikrotik di Qemu GNS3

Qemu adalah salah satu fitur yang ada pada GMS3 yang fungsinya untuk membuat atau menginstall sebuah OS router (Mikrotik ataupun Cisco) agar bisa melakukan konfigurasi tanpa harus memiliki fisiknya, cukup hanya mendownload file iso yang ada di google secara gratis.



langkah - langkah dalam membuat image Mikrotik pada Qemu GNS3 akan dijelaskan secara detail pada artikel ini.

1. ISO Mikrotik

Jika belum mempunyai file iso Mikrotik, silahkan download di google banyak dan gratisss. Jika sudah
simpan file iso yang di download tadi di folder Qemu, 
letak foleder Qemu seperti pada urutan ini: Local Disk (C) – Program Files – GNS3 – qemu-0.11.0, untuk qemu-0.11.0 di laptop/pc sobat mungkin bisa berbeda nama atau angkanya. Kemudian masuk ke CMD sebagai Administrator, caranya seperti pada gambar:



Masuk ke folder “qemu-0.11.0” yang berada di Local Disk (C) – Program Files – GNS3 – qemu-0.11.0, caranya ketik command seperti dibawah ini:

cd C:\Program Files\GNS3\qemu-0.11.0, lalu enter

lihat perbedaan sebelum dan sesudah mengetikkan comman diatas, pastikan sobat sudah berada di posisi yang tepat sesuai dengan letak file iso Mikrotik sobat simpan yaitu “qemu-0.11.0”, seperti gambar dibawah ini:



jika sudah tepat, masih di CMD sekarang saatnya membuat image Mikrotik dengan perintah: qemu-img.exe create -f qcow2 mikrotik1.img 256M

Keterangan :
qemu-img      : adalah perintah untuk membuat image dengan qemu
create            : perintah untuk membuat img
qcow2            : format harddisk
mikrotik1.img : nama file imagenya nanti
256                : memory yang digunakan ketika menjalankan image tersebut

Pastikan yang muncul seperti pada gambar:



Kemudian selanjutnya jalankan file iso Mikrotik yang ada pada folder qemu-0.11.0 yang sebelumnya sobat download, masih tetap menggunakan CMD dengan command:

qemu.exe mikrotik1.img -boot d -cdrom mikrotik-6.33.iso atau bisa lihat gambar ini:



maka akan keluar window Qemu untuk melakukan installasi Mikrotik, maka ketik:

a” untuk memilih Semua Paket yang akan di install
“space” untuk memilih paket satu persatu
"i" untuk menginstall paket yang sudah dipilih



Jika ada muncul pesan ketik “y” saja, kemudian biarkan proses installasi berjalan sampai selesai dan muncul pesan “Press ENTER to Reboot”, maka tekan ENTER.

Sampai disini proses pembuatan image Mikrotik sudah selesai, proses selanjutnya adalah menjalankan menjalankan Mikrotik di GNS3, caranya:

Buka aplikasi GNS3, klik Menu  Edit>Preferences>QEMU VMs> Klik New untuk memulai memasukkan file image di Qemu. Pililh Type Default dan masukkan nama MikroTik, klik next


Pada QEMU VM name buat namanya, disini saya buat Mikrotik karena yang akan dibuat adalah Mikrotik, kemudian Next

pada QEMU binary and memory saya pilih C:/Program Files\GNS3\qemu-0.11.0\qemu.exe(v0.11.0) seperti pada gambar dibawah ini:



kemudian pada console type  pilih "telnet"

pada disk image, cari image Mikrotik yang sebelumnya telah dibuat, klik Browse, setelah ketemu image Mikrotik tadi silahkan klik Finish, kemudian cek di all device GNS3 pasti sudah ada Mikrotik.

Sampai disini Mikrotik sudah bisa di jalankan dan dikonfigurasi. Agar tampilan icon Mikrotik lebih cantik sobat juga bisa menggantinya dengan klik kanan pada icon Mikrotik dan Edit. Demikian semoga membantu.