Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Luar Biasa Yakult untuk Kesehatan

Yakult adalah minuman Probiotik mirip Yogurt yang dibuat dari fermentasi susu skim dan gula dengan bacteri Lactobacillus casei. Karena Lactobacillus casei Shirota dapat ditemui dalam sistem pencernaan, maka Yakult dipromosikan sebagai minuman yang baik untuk kesehatan.



Nama Yakult berasal dari jahurto yang merupakan bahasa Esperanto untuk Yogurt. Yakult ditemukan oleh doctor Minoru Shirota pada tahun 1930. 

Kemudian pada tahun 1935 ia mendirikan Yakult Honsha Co., Ltd untuk memasarkan minuman ini. Sejak saat itu Yakult telah memperkenalkan berbagai minuman yang mengandung bakteri Bifidobacterium breve dan telah menggunakan lactobacilli untuk mengembangkan kosmetika.


Komposisi
Satu botol Yakult mengandung:

  • Sukrosa
  • Glukosa
  •  Air
  • Susu bubuk skim
  • Perisa yakult
  • L. casei shirota strain
Cara Mengkonsumsi dan Menyimpan Yakult

Mengkonsumsi satu botol sehari sudah cukup untuk merasakan manfaat dari Yakult, mengkonsumsi dua botol dalam sehari juga masih dianjurkan. Yakult lebih nikmat jika dikonsumsi dalama keadaan dingin. Maka sangat dianjurkan disimpan dalam lemari pendingin.

Dosis yang dianjurkan untuk anak – anak dan dewasa adalah stau dsampai dua botol dalam sehari.

Manfaat Yakult untuk Kesehatan

Untuk manfaat yang langsung saya rasakan jika mengkonsumsi Yakult adalah melancarkan pencernaan, yang saya lakukan selama ini dalam mengkonsumsi Yakult adalah ketika hendak tidur malam saya minum satu sampai dua botol Yakult, paginya sudah dipastikan saya buang air besar dengan lancar, tapi jika tidak minum Yakult satu sampai dua hari saya belum pasti bisa buang air besar.

Sama juga ketika saya makan makanan yang pedas, ketika hendak tidur saya minum Yakult dan paginya BAB saya lancar normal tanpa mencret. Atas dasar inilah saya berkeinginan membuat artikel ini untuk menyampaikan manfaat nyata yang saya rasakan jika mengkonsumsi yakult.

Terlepas dari pengalaman yang langsung saya rasakan, berikut beberapa manfaat lain dari Yakult yang saya kutip dari google:

1. Meningkatkan Jumlah Bakteri Baik Dalam Usus

Usus merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki dualaisme bakteri didalamnya, yaitu bakteri jahat dan bakteri baik. Bakteri jahat yang ada dalam usus dapat menyebabkan gangguan pada usus seperti radang usus, sakit perut, gangguan pencernaan dan lain – lain.

Untuk melawan atau menekan populasi dan aktivitas bakteri jahat dalam usus dibutuhkan jumlah bakteri baik yang lebih banyak agar gangguan usus bisa berkurang.

2. Memperlancar Pencernaan

Fungsi dari susu fermentasi ini sama seperti fungsi dan manfaat utama dari jenis Yogurt yaitu membantu memperlancar proses pencernaan makanan dalam usus. Gangguan pencernaan yang sering terjadi adalah sulit buang air besar, sembelit dan diare.

3. Meningkatkan Imunitas dan Kekebalan Tubuh

Dengan bertambahnya jumlah bakteri baik yang masuk kedalam tubuh dapat membantu kondisi imunitas dan kekebalan tubuh menjadi lebih baik dan lebih tinggi. Hal ini terjadi karena jumlah bakteri baik yang ada dalam tubuh lebih banyak dari bakteri jahat.

Masih banyak manfaat lain dari Yakult yang bisa sobat lihat di google melalui pemaparan yang lebih ahli lagi.

WARNING!!!

Perlu diperhatikan, meskipun secara keseluruhan Yakult memberikan dampak baik kepada kesehatan tubuh, namun ada beberapa hal yang harus kita ketahui bersama ternyata Yakult tidak bisa dikonsumsi bersamaan dengan beberapa obat kesehatan, diantaranya: Antibiotik

Obat antibiotik berinteraksi dengan Lactobacillus. Antibiotik digunakan untuk mengurangi bakteri jahat dalam tubuh. Efek sampingnya, antibiotik juga bisa mengurangi bakteri baik dalam tubuh, termasuk Lactobacillus. 

Mengkonsumsi antibiotic bersamaan dengan minuman Lactobacillus dapat mengurangi keefektifan Lactobacillus, oleh karena itu untuk menghindari interaksi ini minumlah Yakult 2 jam setelah atau sebelum mengkonsumsi Antibiotik.

Demikian yang dapat saya bagikan mengenai Yakult, artikel ini bersumber dari pengalaman pribadi saya dan hasil saya membaca di mbah Google, semoga bermanfaat.