Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Error Pada GNS3 [SOLVED]


GNS3 (Graphic Network Simulator) adalah sebuah software simulasi jaringan berbasis GUI yang mirip dengan Cisco Packet Tracer. Perbedaannya adalah pada GNS3 lebih kompleks dan nyata karena langsung menggunakan IOS Cisco yang mana konfigurasi yang dibuat bisa di copy paste ke perangkat Cisco sungguhan yang masih dalam versi yang sama.

Artikel ini tidak membahas panjang lebar tentang GNS3, tentang kelebihan, kekurangan, software untuk instalasi serta standar minimum PC/Laptop yang dibutuhkan bisa sobat cari gi google. Artikel ini hanya membahas tentang satu pesan error yang sering terjadi pada awal menggunakan GNS3 setelah selesai di install.

Pesan error yang sering terjadi kira-kira seperti pada gambar dibawah ini:



Jika muncul error seperti diatas maka GNS3 tidak akan bisa dipergunakan. Sebelumnya saya juga sempat bingung dengan kondisi ini, maka saya coba mencari-cari di google dan akhirnya saya menemukan sebuah artikel dan mencoba mempraktekkannya dan ternyata berhasil.

Ternyata masalahnya adalah pada pemilihan server, pada saat penginstalan akan selesai biasanya akan ada tiga pilihan server, yaitu:

Local server: server berjalan di local computer. Namun ada notifikasi “requires IOS image <7200 yang hanya berlaku untuk PC/Laptop dengan system operasi Windows, sedangkan linux tidak.

Remote Server: cara kerjanya dengan remote, artinya GNS3 di install di PC lain yang berbeda dengan yang digunakan untuk konfigurasi, cara menggunakannya dengan memanggil alamat IP Address kemudian memasukkan username+password jika ada.

GNS3 VM: versi ini GNS3 di install pada aplikasi virtualisasi seprti vmware workstation, virtualbox dan aplikasi virtual lainnya.

Pada awal penginstalan saya pilih Remote Server dan hasilnya error saat saya menjalankan GNS3, kemudian saya coba ganti servernya ke local dengan cara:

Cek IP Address PC/laptop yang digunakan
Pada GNS3, klik menu Edit, Preperences atau tekan Ctrl+shift+P secara bersamaan pada keyboard.



Maka akan muncul window baru, kemudian pada bagian kiri atas klik Server, kemudian disebelah kanannya cari Host Binding dan pilih IP Address sesuai dengan yang dicek sebelumnya,



klik OK, biarkan GNS3 mengoneksikan ke PC sampai muncul nama PC yang digunakan disebelah kanan seperti pada gambar:



jika sudah sepeti gambar diatas maka dipastikan GNS3 sudah bisa digunakan alias tidak error lagi, silahkan dicoba membuat halaman kerja baru dan input IOS yang ingin anda gunakan.

Demikian mengatasi error pada GNS3 sesuai dengan pesan error yang muncul seperti yang dijelaskan diawal artikel ini, semoga membantu.