Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Proxy Server, Cara Kerja, Keuntungan dan Kekurangan

Halo sobat blogger..!

Proxy server adalah sebuah server atau program komputer yang berperan sebagai penghubung antara suatu komputer dengan jaringan internet. Atau dalam kata lain, server proxy adalah suatu jaringan yang menjadi perantara jaringan lokal dan jaringan public. 

Proxy server dapat berupa suatu sistem komputer ataupun sebuah aplikasi yang bertugas menjadi gateway atau pintu masuk yang menghubungan komputer jaringan local atau privat dengan jaringan luar atau public.

Cara kerja proxy server sebenarnya sangat sederhana. Ketika seorang pengguna layanan proxy meminta berkas, files, sambungan atau sumberdaya dari public server, maka proxy server meneruskannya ke internet seolah-olah proxy tersebut yang meminta. Dan ketika proxy server mendapatkan apa yang di minta pengguna, dia memberikan respon kepada pengguna seolah-olah dia adalah public server (internet).

Sepanjang pengalaman saya, proxy server lebih sering dipergunakan untuk caching dan filtering atau blocking. 

Server proxy sebagai caching berfungsi untuk menyimpan url dan data sebuah alamat yang dituju client, misal youtube.com, facebook.com, sehingga ketika ada client lain yang mengkases ke situs yang sama maka akan terasa lebih cepat. 

Proxy sebagai filtering atau blocking sudah jelas fungsinya memilah situs – situs apa saja yang bisa maupun tidak bisa diakses oleh client.

Proxy server sederhananya dapat digambarkan seperti pada topologi dibawah ini:



Cara kerja Proxy

Saat pertama mengakses sebuah situs (www.youtube.com)

> PC Client mengakses sebuah situs (www.youtube.com) ke server Proxy.
> Server Proxy meminta alamat www.youtube.com ke Internet.
> Ketika internet sudah menemukan keberadaan server www.youtube.com, internet kemudian mengirimkannya ke server Proxy.
> Setelah server Proxy mendapatkan situs www.youtube.com dari internet, proxy meneruskan ke PC client yang mengakses.

Manfaat Proxy server

Secara umum manfaat Proxy server dibagai menjadi dua macam, yaitu:

> Meningkatkan kinerja jaringan

Dengan kemampuan server proxy untuk menyimpan data permintaan dari client, maka permintaan yang sama dengan permintaan sebelumnya hanya akan diambilkan dari simpanan server Proxy. 

Jika seorang pengguna internet sudah pernah membuka situs yang sama tidak perlu lagi dihubungkan langsung pada situs sumbernya, tetapi cukup diambilkan dari simpanan server Proxy. 

Maka dengan demikian koneksi ke situs yang sebelumnya pernah dibuka akan terasa lebih cepat.

> Filter permintaan

Server Proxy juga dapat digunakan sebagai filter terhadap permintaan data dari suatu situs. Dalam hal ini server proxy menjadi filter terhadap situs yang boleh atau tidak boleh dikunjungi. Selain itu server Proxy juga dapat sebagai filter terhadap aplikasi client yang dapat menggunakan akses terhadap internet.

Keuntungan menggunakan Proxy server

Keuntungan yang didapat dan rasakan dengan jika menggunakan Proxy server, antara lain:

> Keamanan jaringan lebih terjaga, karena adanya Proxy sebagai pembatas antara jaringan lokal dan jaringan luar (Internet)
> Pengaksesan kembali terhadap situs - situs yang telah pernah diakses sebelumnya menjadi lebih cepat karena pengaksesan tidak perlu ke jaringan luar (Internet) melainkan ada pada direktori cache Proxy
> Terdapat fasilitas filtering, baik filtering pengguna, content dan waktu akses.

Kekurangan menggunakan Proxy server

Selain keuntungan ternyata ada juga kekurangan jika menggunakan Proxy server, yaitu:

> Pengaksesan terhadap situs yang belum pernah dibuka sebelumnya akan menjadi lebih lambat, karena client harus meminta terlebih dahulu ke pada proxy, setelah itu baru proxy yang akan meminta ke penyedia layanan internet.
> Bila proxy server terlambat melakukan update cache, maka client akan mendapatkan content yang belum update ketika melakukan request content tersebut.

Demikian tentang Proxy yang dapat saya jelaskan, mudah – mudahan bisa menambah pemahaman sobat pembaca, jika kurang – kurang mengerti silahkan tinggalkan komentar sehat pada kolom komentar, terimakasih.