Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasang Iklan Adsense di Tengah Artikel Blog

Artikel ini saya tulis ulang dengan gaya bahasa dan penyampaian versi saya. Ide munculnya artikel ini berdasarkan pengamalan dan pengalaman pribadi sebagai pemula di dunia per adsenan.


Setelah pendaftaran akun adsense saya diterima, saya mulai menerapkan iklan-iklan adsense di blog, setelah coba klik artikel ternyata iklan tidak muncul di tengah-tengah artikel seperti yang saya harapkan.

Mulailah bertanya ke mbah google dan banyak saya temukan jawaban berupa tutorial cara memasang iklan adesense di tengah artikel blog, beberapa kali saya mecoba untuk mengikuti intruksi yang ada pada tutorial dan hasilnya nihil bahkan pernah blog saya jadi berantakan.

Ini saya alami berbulan-bulan dan pada akhirnya saya menemukan artikel yang joss berupa video, setelah melihat video itu akhirnya saya baru faham, akhirnya saya putuskan untuk menuliskannya di artikel ini agar tidak ada mengalami hal yang sama seperti saya.

  • Login /Masuk ke blogger anda
  • Klik Theme dibawah Layout


  • Klik Edit HTML, maka sobat akan disuguhkan pada tampilan script seperti dibawah ini yang membuat pusing, namun jangan khawatir ini gak berat kok, hehe


  • Cari kode atau kata ini <data:post.body/> , jumlah kode ini mungkin akan lebih dari satu, bisa 2,3 atau 4. Di blog saya sendiri ada 4 dan saya pilih di kode ketiga.
Untuk mempercepat dalam mencari kode tersebut gunakan kolom pencarian dengan cara: 
  • Letakkan kursor didalam script, bebas dimana saja.
  • Tekan tombol Ctrl+F, maka akan muncul kotak kecil disudut kana atas, silahkan copy dan paste kode <data:post.body/> di kolom kecil tersebut dan tekan Enter
Akan kelihatan beberapa kode <data:post.body/> yang biasanya bertanda orange, pilih salah satu kode yang ada dan ganti kode ini <data:post.body/> dengan kode dibawah:
<div expr:id='&quot;post1&quot; + data:post.id'/>
<div class='googlepublisherads' style='margin:20px 0'>
<center>
Letakan kode unit adsense hasil parse disini
</center>
</div>
<div expr:id='&quot;post2&quot; + data:post.id'><data:post.body/></div>
<script type='text/javascript'>
var obj0=document.getElementById(&quot;post1<data:post.id/>&quot;);
var obj1=document.getElementById(&quot;post2<data:post.id/>&quot;);
var s=obj1.innerHTML;
var t=s.substr(0,s.length/2);
var r=t.lastIndexOf(&quot;&lt;br&gt;&quot;);
if(r&gt;0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+4);}
</script>
Kemudian ganti tulisan --Letakan kode unit adsense hasil parse disini— yang berwarna merah pada kode tadi dengan kode iklan yang akan ditampilkan di artikel, kemudian simpan dengan klik Save Theme

PENTING!

Kode iklan terlebih dahulu harus di PARSE atau di Convert agar sesuai dengan penulisan script blogger. Untuk memparse sobat bisa mengunjungi blog-blog penyedia di google, banyak kok dan gratis.

Setelah disimpan dan tidak ada pesan error saat menyimpan script tadi, silahkan lihat hasilnya pada artikel blog sobat.

Mengatur posisi iklan

Dengan script diatas, maka posisi iklan pada artikel berada pada seperdua (1/2) artikel, artinya pas ditengah – tengah artikel. Sobat bisa menentukan letak iklan dengan mengganti angka 2 yang berwarna biru dengan 0 sampai 9, semakin tinggi angka maka semakin kebawah posisi iklan berada.

Demikian artikel tentang cara memasang iklan adsense di tengah artikel blog yang bisa saya jelaskan, semoga membantu dan selamat mencoba.