Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaktifkan Adobe Flash Player di Google Chrome


Cara Mengaktifkan Adobe Flash Player di Google Chrome

Terkadang ketika kita melakukan browsing, ingin menonton, main game, install aplikasi dan lain – lain muncul pesan yang meminta untuk menginstall adobe flash player, padahal sebelumnya adobe flash player sudah berhasil di install.

Hal yang tersebut tentunya tidak harus membuat kita bingung karena google chrome tidak dapat menjalankan aplikasi online yang berbasis flash dikarenakan pada settingan di google chrome ada yang harus dirubah. Pada submenu aplikasi flash, pengaturan untuk menjalankan aplikasi flas player tersebut masih belum dihidupkan / dinyalakan.

Untuk menghidupkan atau menyalakan flash player pada Google Chrome agar dapat membuka aplikasi yang membutuhkannya, kita dapat langsung mengetikkan kata – kata atau perintah seperti dibawah ini di kolom url:

chrome://settings/content/flash

Tekan ENTER maka akan keluar seperti gambar dibawah ini:



Maka switch tombol ON OFF nya sehingga menjadi seperti dibawah ini:



Setelah itu langkah selanjutnya adalah kembali ke halaman yang sebelumnya tidak bisa menjalankan aplikasi karena masalah Adobe Flash Player, selanjutnya represh/reload halaman tersebut dan taraaaaaaaa…. Aplikasi berjalan lancer

Tapi jika aplikasi tetap tidak bisa dibuka dengan pesan yang sama yaitu Install Adobe Flash Player, sobat bisa masuk ke langkah berikutnya:

Ketik kembali kata atau perintah ini :

chrome://settings/content/flash

kemudian lihat pada Izinkan, klik Tambahkan maka akan diminta untuk memasukkan alamat aplikasi yang tdak bisa dibuka, lihat seperti gambar dibawah ini:




kemudian coba buka kembali aplikasi yang belum bisa dibuka tadi, seharusnya sudah tidak masalah lagi dengan Adobe Flash Player, jika sobat masih kurang faham langkah – langkahnya bisa diurutkan seperti dibawah ini:

  1. Periksa terlebih dahulu apakah sobat sudah menginstal aplikasi adobe flash player atau belum?
  2. Jika flash player sudah di install namun masih jadul dengan muncul peringatan “adobe flash player is out of date”, berarti sobat diharuskan untuk mengupdate software adobe flash yang ada terlebih dahulu.
  3. Jika sudah lengkap semua, langsung saja menuju settingan pada google chrome, tepatnya pada bagian flash.
  4. Untuk langkah mudahnya ketik alamat ini di address bar google chrome sobat: chrome://settings/content/flash, tekan ENTER
  5. Hidupkan atau switch tombol ON OFF di bagian settingan pengaturan flash.
  6. Tambahkan situs yang diijinkan untuk menjalankan aplikasi flash.
  7. Buka situs atau Reload/refresh situs jika sudah dibuka sebelumya.
  8. Dan berbagai aplikasi / game berbasis flash akan dapat segera dijalankan dengan lancar.

 Demikian artikel tentang Cara Mengaktifkan Adobe Flash Player di Google Chrome yang bisa saya jelaskan, semoga membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba !