Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara setting Access Point EnGenius EWS660AP


Cara setting Access Point EnGenius EWS660AP



EnGenius adalah salah satu produk perangkat telekomunikasi dengan dua pilihan produk penggunaan yaitu Access point outdoor dan juga indoor.

EnGenius type EnGenius EWS660AP merupakan produk access outdoor yang pada kesempatan ini menjadi alasan saya membuat artikel ini.

Artikel ini saya buat karena saya baru pertama sekali melakukan konfigurasi access point EnGenius. Sudah dipastikan yang namanya pertama pasti masih meraba-raba dalam melakukan konfigurasinya, alasannya karena menu-menu yang ada pada access point ini cukup jauh berbeda dengan acces point lainnya yang biasa saya konfigurasi.

Baiklah lanjut ke intinya sesuai judul cara setting access point EnGenius EWS660AP, langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Rangkai perangkat

EnGenius menggunakan PoE sebagai sumber arus. Biasanya PoE memiliki 2 (dua) port RJ-45 yang biasanya diberi label PoE dan LAN, saya anggap sobat sudah paham dalam hal menghubungkan port PoE dan LAN dengan sesuai.

2. Samakan Subnet IP Address

Jika access point sudah menyala, langkah selanjutnya adalah menyamakan subnet ip address EnGenius dengan laptop/pc yang akan dipakai dalam melakukan konfigurasi.

Biasanya ip address default EnGenius adalah 192.168.1.1/24, maka silahkan sobat ganti ip address laptop/pc dengan ip address selain 192.168.1.1, misalnya menggunakan ip 192.168.1.2/24.



Selanjutnya buka browser (Mozilla, Google Chrome, Opera, Microsoft Edge), kemudian ketik ip address default EnGenius pada bar url dan Enter.



Maka akan masuk ke halaman login seperti gambar dibawah ini:



Silahkan login dengan username dan password default yaitu user: admin, password: admin

Maka akan muncul halaman utama pada EnGenius EWS660AP seperti dibawah ini yang berisikan menu-menu lengkap yang akan digunakan untuk melakukan konfigurasi




Melakukan Konfigurasi

Setting IP Address

Dihalaman utama, pada menu Network klik Basic. Maka akan muncul disebelah kanan pilihan Ipv4, Ipv6 dan Spanning Tree Protocol (STP), karena menggunakan Ipv4 maka silahkan pilih menggunakan DHCP atau Static IP, ingat IP yang dimasukkan adalah IP yang didapat dari ISP sobat berlangganan, jangan lupa klik SAVE di paling bawah jika sudah selesai.




Setting SSID dan Password

Masih di menu Network, klik pada Wireless, ganti sesuai dengan keinginan sobat

Device Name : Rumah-Kreatif-Sidempuan
Country / Region : Indonesia

Pada Wireless Setting – 2.4GHz
Enable : Centang
SSID : Rumah Kreatif Sidempuan (sesuai keinginan)
Kemudian klik pada Edit, akan muncul halaman baru untuk setting Password Wi-Fi, sesuaikan dengan keinginan sobat, 


jangan lupa scroll kebawah dan klik SAVE,

secara otomatis akan kembali kehalaman sebelumnya, scroll kembali kebawah kemudian klik SAVE

agar semua perubahan atau konfigurasi yang sobat lakukan berubah dan berfungsi sebagaimana mestinya, langkah terakhir pada konfigurasi yang perlu sobat lakukan adalah melakukan SAVE secara keseluruhan dengan cara:

klik pada tab Changes yang ada di kanan atas halaman utama, 


akan muncul halaman baru yang menampilkan semua history perubahan yang sobat lakukan sebelumnya, langsung saja klik pada Apply dan tunggu sampai selesai.

Jika sudah selesai, sobat bisa melihat hasilnya di menu Overview – Device Status atau sobat bisa langsung searching nama Wi-Fi yang sobat buat dan coba konek, jika tidak ada yang salah maka sobat sudah berhasil.

Untuk versi video sobat bisa lihat dibawah ini:



Demikian cara setting access point EnGenius EWS660AP, semoga bermanfaat dan membantu. Jika ada yang kurang mengerti dan ingin bertanya silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar.

Selamat mencoba.