Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Local Loop dan VPN Dalam Telekomunikasi

Pengertian Local Loop dan VPN Dalam Telekomunikasi

Dalam dunia Telekomunikasi pasti pernah mendengan istilah Local Loop dan VPN terkhusus di sisi setiap provider jaringan. Apa pengertian dan cara kerja Local Loop dan VPN?

Pengertian Local Loop

Local Loop adalah suatu layanan Loop sangat tepat bagi perusahaan yang ingin menghubungkan kantor pusat dengan beberapa kantor cabang atau pelanggan (end user) yang berada di satu wilayah ataupun antar wilayah. Layanan ini menghubungkan jaringan WAN pelanggan melalui jaringan Provider.

Di beberapa provider layanan Local Loop ini dikenal juga dengan istilah layanan MetroNet.

Cara kerjanya adalah si provider atau ISP hanya menyediakan sebuah jalur atau link kosong antar titik lokasi pelanggan, baik medianya radio ataupun kabel Fiber Optik. Untuk service di dalam jalur atau link tersebut terserah si pelanggan akan mengisi apa, apakah internet, intranet dan lain – lain.

Analoginya si provider hanya menyediakan sebuah pipa pvc kosong, pipa pvc tersebut akan melewatkan air, lumpur, dimasukkan kabel listrik dan lain – lainnya terserah ke si pelanggan (end user).

Perlu di ingat meskipun layanan ini si provider hanya menyediakan jalur atau link kosong saja, tetapi ukuran kapasitas data yang bisa di lewatkan dalam hitungan detik juga di tetapkan oleh si provider, jadi jika pelanggan hanya butuh bandwidth 3Mpbs maka si provider hanya akan membuka jalur 3Mbps saja tidak akan lebih.

Pengertian VPN (Virtual Private Network)

Virtual Private Network (VPN) adalah sebuah teknologi komunikasi yang memungkinkan untuk dapat terkoneksi ke jaringan local dengan menggunakan jaringan publik agar dapat bergabung dengan jaringan local.

Dengan cara tersebut maka akan didapatkan hak dan pengaturan yang sama seperti halnya berada didalam LAN itu sendiri walaupun sebenarnya menggunakan jaringan milik public.

Menurut Onno W Purbo (2006), VPN adalah sebuah teknologi komunikasi yang memungkinkan seorang pegawai yang berada di dalam kantor terkoneksi ke jaringan publik dan menggunakannya untuk bergabung dalam jaringan lokal. 

Dengan menggunakan jaringan publik ini, seorang pegawai dapat tergabung dalam jaringan lokal, mendapatkan hak dan pengaturan yang sama seperti ketika pegawai tersebut berada di kantor.

Menurut IETF (Internet Engineering Task Force), VPN is an emulation of a private Wide Area Network (WAN) using shared or public IP facilities, such as the Internet or private IP backbones.

Menurut IETF (Internet Engineering Task Force), VPN merupakan suatu bentuk private internet yang melalui public network (internet) dengan menekankan pada keamanan data dan akses global melalui internet.

Disebut VPN adalah karena jaringan yang di hubungkan merupakan jaringan Local Area Network (LAN) si pelanggan yang dilewatkan melalui jaringan Publik si provider namun si pelanggan bisa terkoneksi antar sesamanya layaknya seperti dalam satu ruangan atau di gedung yang sama.

Jenis – jenis VPN

Terdapat tiga jenis VPN, yaitu Access VPN, Intranet VPN dan Extranet VPN. Adapun penjelasan ketiganya adalah sebagai berikut:

1. Access VPN


Access VPN atau Virtual Private Dial-Up Network (VPDN) adalah koneksi user-to-LAN yang digunakan sebuah perusahaan untuk para pekerjaanya yang membutuhkan koneksi ke jaringan mereka dari berbagai lokasi remote. Remote Access VPN memungkinkan pekerja untuk mengakses data-data dan segala sumber daya dimanapun mereka berada.

2. Intranet VPN


Intranet VPN atau site to site VPN merupakan VPN yang digunakan untuk menghubungkan antara kantor pusat suatu perusahaan dengan kantor cabang atau kantor pembantu melalui shared network menggunakan koneksi yang permanen (dedicated). Tujuan penggunaan intranet VPN agar administrative control berada sepenuhnya di bawah satu kendali.

3. Extranet VPN

Extranet VPN merupakan VPN yang digunakan untuk menghubungkan antara kantor dengan pihak luar seperti pelanggan, suplier, rekan bisnis, atau suatu komunitas ke dalam jaringan internal dengan menggunakan koneksi Dedicated. 

Dengan adanya Extranet VPN perusahaan-perusahaan yang terlibat dapat berkomunikasi serta bertukar informasi secara cepat, mudah, tapi dalam sistem keamanan yang terjamin.

Demikian tentang Local Loop dan VPN, semoga membantu dalam memberi pemahaman.