Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah dan Aman Sharing File/Folder di Windows 10


Cara Mudah dan Aman Sharing File/Folder di Windows 10



Windows 10 hadir dengan berbagai perubahan tampilan dan fitur berbeda dengan generasi sebelumnya, walaupun pada dasarnya sama. Karena terbilang baru, saat menggunakan  windows 10 mau tidak mau kita harus mengeksplore sehingga mampu menggunakan fitur yang mungkin agak berbeda dengan fitur dan fasilitas yang kita dapatkan dari windows sebelumnya.

Salah satu kemampuan windows dalam membantu pekerjaan kita sehari-hari adalah Sharing file atau folder antar satu PC dengan PC lainnya. Kemampuan itu memang telah lama dan biasa kita gunakan pada windows generasi sebelumnya.

Tak ada salahnya pada artikel ini saya akan berbagi pengalaman tentang Cara Mudah dan Aman Sharing File/Folder di Windows 10,

Ada 3 (tiga) point pengaturan yang dibuat saat ingin melakukan sharing file, yaitu:
  1. Mengatur User yang Yang Dapat Mengakses Folder/File
  2. Mengatur Permission User
  3. Membuka Akses Sharing Pada PC/Laptop 

1. Mengatur User yang Yang Dapat Mengakses Folder/File

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengatur type user account yang dapat mengakses folder/file, pada windows ada beberapa type user yaitu Guest, User, dan Administrator.

Pilih folder/file yang ingin di sharing, setelah itu klik kanan pada file/folder kemudian klik Properties maka akan muncul menu Properties file/folder tersebut. Kemudian pada halaman Properties pilih tab sharing lalu pilih tombol “share”. Seperti pada gambar:


 Kemudian pada menu Share tentukan user mana yang akan bisa mengakses file/folder yang di sharing sebelumnya. Pada contoh kasus ini dipilih everyone agar semua user dapat mengakses folder. Klik tombol “Add” untuk menambahkannya ke list kemudian klik tombol “share” seperti pada gambar dibawah ini:


Maka secara otomatis akan muncul menu berikutnya yang menyatakan file/folder yang di sharing sudah siap dan bisa diakses, terakhir klik Done



2. Mengatur Permission User

Pada bagian ini yang akan dilakukan adalah menentukan apakah user yang akan mengaskses file/folder yang di sharing sebelumnya bisa untuk mengubah atau menghapus file/folder atau tidak, caranya:
  • Masih di menu properties, klik tombol “Advanced Sharing”.
  • Kemudian klik tombol “Permission” untuk mengatur perijinan user.
  • Klik tombol “Add” untuk memilih type user account yang sudah di set tadi.




  • Kemudian klik tombol “Advanced”.
  • Klik tombol “Find Now” maka user akan muncul di daftar pencarian dibawah.
  • Cari dan pilih type user “Everyone” yang sudah di set sebelumnya.
  • Klik tombol “Ok”.



Sampai tahap ini pengaturan user serta perijinannya sudah selesai, langkah terakhir tinggal melakukan konfigurasi agar PC atau laptop yang ingin di sharing terbaca atau dapat di akses oleh jaringan.

3. Membuka Akses Sharing Pada PC/Laptop

Tahap ini dilakukan jika memang PC atau laptop belum terbaca oleh jaringan sehingga pada perangkat lain tidak muncul device perangkat pada tab network yang berada pada file explore. Abaikan saja tahap ini jika device sudah terbaca dan dapat diakses, tinggal langsung eksekusi foldernya.

Masuk ke Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Centre > Advanced Sharing Settings.
Lakukan konfigurasi seperti gambar dibawah ini kemudian klik tombol “Save Changes”.


Jika sudah device terbaca silahkan mulai melakukan copy/paste file/folder yang sudah di share sebelumnya.

Demikian cara mudah dan aman sharing file/folder di windows 10, semoga membantu dan selamat mencoba.