Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghubungkan Mikrotik GNS3 ke Internet


Cara Menghubungkan Mikrotik GNS3 ke Internet

Pada artikel kali ini saya akan mencoba berbagi tentanng cara menghubungkan Mikrotik GNS3 ke internet.


Mungkin memang sobat blogger sudah pada paham caranya namun artikel ini bisa untuk mengingatkan sobat jika sudah mulai lupa dan untuk yang belum mengetahui cara menghubungkan Mikrotik GNS3 ke internet bisa mengikuti langkah demi langkah yang dipaparkan dibawah ini.

1. Install interface Loopback

Interface Loopback berfungsi untuk menghubungkan laptop/pc yang sobat gunakan dengan aplikasi GNS3, untuk cara install interface Loopback sobat bisa baca di artikel ini.

2. Install Mikrotik di VirtualBox

Mikrotik yang digunakan pada praktek artikel ini adalah Mikrotik yang di install pada aplikasi VirtualBox. Jika sobat belum punya Mikrotik yang di install pada aplikasi VirtualBox sobat bisa install terlebih dahulu Mikrotiknya dengan mengikuti langkah – langkah pada artikelini. Jika sudah selesai lanjut ke tahap berikutnya

3. Setting Interface

Buka aplikasi VirtualBox, klik kanan pada Mikrotik > Pengaturan, klik pada Network/Jaringan > Driver Generik



4. Setting GNS3

Buka aplikasi GNS3, klik New blanc project, pada Window Project isi nama project dan tentukan dimana file akan di simpan, klik OK.

Jika Mikrotik belum ada di GNS3, maka silahkan add terlebih dahulu dengan langkah – langkah berikut:

Klik menu Edit > Preferences, akan muncul jendela baru kemudian klik pada VirtualBox VMs > New



jika di VirtualBox sudah ada Mikrotik yang di install maka akan secara otomatis terdeteksi, tinggal klik Next sampai selesai kemudian > OK

Drag beberapa perangkat yang dibutuhkan, Mikrotik, Cloud, Switch dan PC, seperti pada gambar:



Terlebih dahulu ganti interface pada Cloud, arahkan ke VitualBox Host-Only Network, seperti urutan pada gambar dibawah ini:



Hubungkan masing – masing perangkat seperti gambar ini, klik simbol a,b,c agar nama interface yang digunakan muncul, kemudian klik Start maka akan seperti gambar dibawah ini:



Mulailah melakukan konfigurasi Mikrotik seperti biasanya, jalankan Winbox untuk meremote dan masuk ke Mikrotik.

Jika sudah masuk mulailah konfigurasi IP WAN, IP LAN, DNS, NAT dan DHCP untuk PC/user bila perlu jika tidak perlu bisa menggunakan IP static saja untuk ke PC/user.

Untuk mendapatkan IP WAN terlebih dahulu kita share jaringan Ineternet di PC utama ke interface VirtualBox Host-Only Network, caranya:

Klik kanan pada jaringan Internet, disini saya menggunakan Wifi, kemudian pilih Properties maka akan muncul jendela baru, klik pada tab Sharing. Centang pada Allow other network users to connect through this computer’s Internet connection. Pada Home networking connection: pilih VirtualBox Host-Only Network



kemudian OK maka akan muncul pesan bahwa ip yang ada secara otomatis di interface VirtualBox Host-Only Network adalah 192.168.137.1



inilah IP gateway WAN dan sekaligus menjadi segmen jaringan yang akan digunakan menjadi IP WAN.

Lanjut ke Winbox..

Add IP WAN dan LAN

Klik IP > Addresses > add [+], saya menggunakan ip 192.168.137.2/24 untuk WAN dan 10.10.10.1/24 untuk ip LAN. Untuk ip WAN sobat silahkan tentukan berapa tapi tetap di segmen 192.168.137.x /24 dan untuk ip LAN bebas.



Add Routes

Klik IP > Routes > add [+]

Add DNS

Klik IP > DNS, disini saya masukin DNS google 8.8.8.8

samapi disini seharusnya Mikrotik sudah bisa terkoneksi dengan Internet, coba lakukan ping 8.8.8.8 atau ping google.com dari New Terminal di Mikrotik, jika sudah replay lanjut ke langkah berikutnya.

Add NAT

NAT ini fungsinya agar IP LAN yang akan digunakan PC/user bisa terkoneksi dengan Internet, caranya:
Klik IP > Firewall > NAT > add [+], tentukan beberapa parameter berikut:
Tab General > Chain:srcnat, Out Interface:ether1 selebihnya biarkan default
Tab Action > Action:masquerade

Buat IP DHCP

Untuk memudahkan silahkan buat ip dhcp untuk ip LAN, caranya:
Klik IP > DHCP Server > DHCP Setup, pilih ether2 (LAN) kemudian klik Next sampai selesai.

Cek IP di PC apakah sudah dapat dari ip dhcp yang sudah dibuat, caranya:
Klik kanan pada PC > Console > ip dhcp –d, jika dhcp berjalan baik maka PC akan dapat ip, contoh seperti pada gambar:



Pengujian

Silahkan coba ping google.com atau 8.8.8.8 dari PC, jika semua sudah benar seperti langkah – langkah pada artikel ini maka seharusnya ping google.com replay seperti pada gambar dibawah:



Demikian cara menghubungkan Mikrotik GNS3 ke internet, penjelasannya agak panjang dan ribet semoga membantu, terimakasih.