Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengetahui Build Versi Berapakah Windows 10 Yang Digunakan


Cara Mengetahui Build Versi Berapakah Windows 10 Yang Digunakan

Semenjak Windows 10 dirilis dalam status Technical Preview pada Oktober 2014, Microsoft memberikan patokan baru dalam hal memastikan bahwa pengguna menggunakan Windows 10 yang up-to-date. Karena seperti yang kita ketahui bahwa Microsoft tidak akan merilis Windows lagi, dengan kata lain Windows 10 akan mendapatkan update secara terus menerus.

Patokan ini mengacu pada ‘Build’ yang terinstall pada PC pengguna. Terlebih jika kamu anggota Windows Insider yang semenjak tahun lalu terus mencicipi Build secara berkala dari Build 9841 hingga sekarang ini 17134.1 dan tentunya akan terus bertambah seiring dengan update fitur ataupun Hotfix yang dikeluarkan Microsoft kedepannya.

Nah untuk memastikan build berapakah yang sedang kita gunakan bisa dicek dengan beberapa cara berikut ini:

WINVER

Cara pertama ini merupakan cara paling cepat dan mudah untuk bisa mengetahui build versi berapa yang sedang kita gunakan, caranya:

Buka kotak RUN (tombol Logo WINDOWS+R) kemudian ketik “WINVER” tanpa tanda kutip, maka akan keluar sebuah kotak berisi keterangan seperti pada gambar dibawah:



DXDIAG

Cara kedua adalah melalui DirectX Diagnostic Tool atau yang sering dikenal dengan sebuatan dxdiag, cara ini juga cukup mudah dilakukan.

Caranya buka kotak RUN (tombol Logo WINDOWS+R) kemudian ketik “dxdiag” tanpa tanda kutip, maka akan keluar sebuah kotak berisi keterangan seperti pada gambar dibawah:



MSINFO32

Cara ketiga adalah melalui msinfo32, cara ini juga cukup mudah dilakukan.

Caranya masih sama seperti langkah – langkah diatas, buka kotak RUN (tombol Logo WINDOWS+R) kemudian ketik “msinfo32” tanpa tanda kutip, maka akan keluar sebuah kotak berisi keterangan seperti pada gambar dibawah:



Melalui Menu Setting

Cara ke empat ini dilakukan melalui menu Setting, caranya juga masih terbilang cukup mudah.

Buka menu Setting (tombol Logo WINDOWS+i), klik pada System dan cari About dengan scroll kebawah,



Setelah ketemu menu About, klik dan lihat versi build yang sedang digunakan oleh pc/laptop sobat, seperti pada gambar dibawah ini:



Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui build versi berapakah windows 10 yang digunakan.

Demikian semoga bermanfaat.