Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperluas Sinyal Wi-Fi

Cara Memperluas Sinyal Wi-Fi

Di era sekarang Wi-Fi sudah sangat mudah ditemukan dimana-mana terutama ditempat keramaian seperti tempat hiburan, cafe dan tempat-tempat lainnya.




Salah satu faktor banyaknya yang memilih menggunakan Wi-Fi adalah kemudahan dalam proses pemasangan, tidak perlu menarik kabel utp kesana kemari, cukup mengaktifkan sebuah acces point sudah bisa digunakan bersama-sama dalam radius tertentu.

Namun tetap ada masalah yang timbul dengan menggunakan Wi-Fi salah satunya adalah jangkauan sinyal Wi-Fi yang terkadang kurang bagus.

Pada artikel ini saya akan coba berbagi faktor apa yang turut memperngaruhi kualitas jangkauan sinyal Wi-Fi dari Access point ke user atau pengguna.

Berdasarkan standar international frekuensi yang digunakan pada Wi-Fi saat ini adalah 2.4GHz dan 5GHz. Dengan standar ini kita bisa menentukan harus menggunakan frekuensi yang mana, tentunya sesuai kebutuhan dan dukungan dari perangkat yang dimiliki.

Faktor utama yang paling mempengaruhi yaitu jenis frekuensi yang digunakan atau pada frekuensi berapa wi-fi tersebut beroperasi, namun dalam praktek di lapangan jangkauan sinyal sebuah wifi tidak hanya ditentukan oleh jenis frekuesinya saja.

Ada beberapa faktor lain yang cukup menentukan seperti kekuatan pancar dari antena pemancar, daya tangkap dari penerima, bahan material penghalang antara pemancar dan penerima dan faktor interferensi.

Bagi sobat yang sedang mencari-cari prekuensi mana yang lebih baik untuk digunakan bisa membaca penjelasan dibawah ini mengenai prekuensi 2.4GHz dan 5GHz, mudah-mudahan bisa membantu menentukan pilihan.

Frekuensi 2.4GHz


1. IEEE 802.11b adalah standar wifi dengan frekuensi 2.4GHz
Wifi dengan standar ini memiliki data rate sebesar 1Mbps sampai 11Mbps. Berapa jauhkah daya jangkau sinyalnya?

Daya jangkau maksimun yang dapat dicapai oleh sinyal dari wifi tipe ini adalah 350ft atau 105 meter. Jangkauan maksimum ini hanya dapat dicapai pada data rate 1Mbps. Jika memaksimalkan data rate sebesar 11Mbps maka daya jangkaunya hanya sejauh kurang lebih 50 meter.

2. IEEE 802.11g adalah standar wifi dengan frekuensi 2.4GHz
Wifi dengan standar ini memiliki data rate sebesar 6Mbps sampai 54Mbps. Berapa jauh daya jangkau sinyalnya? Daya jangkau maksimun yang dapat dicapai oleh sinyal dari wifi tipe ini adalah kurang lebih 300ft atau 90meter.

Jangkauan maksimum ini hanya dapat dicapai pada data rate 6Mbps. Jika memaksimalkan data rate sampai sebesar 54Mbps maka daya jangkaunya hanya sejauh kurang lebih 30 meter.

Frekuensi 5GHz

IEEE 802.11a adalah standar wifi dengan frekuensi 5GHz
Wifi dengan standar ini memiliki data rate sebesar 6 Mbps sampai 54Mbps. Berapa jauh daya jangkau sinyalnya?

Daya jangkau maksimun yang dapat dicapai oleh sinyal dari wifi tipe ini adalah kurang lebih 60meter. Jangkauan maksimum ini hanya dapat dicapai pada data rate 6 Mbps. Jika memaksimalkan data rate sampai sebesar 54Mbps maka daya jangkaunya hanya sejauh kurang lebih 22 meter.

Dari kondisi ini terlihat bahwa semakin rendah frekuensinya maka semakin jauh daya jangkau sinyalnya meskipun dengan data rate yang sama. 

Namun demikian tetap perlu memperhatikan interferensi antar chanel yang ada pada masing-masing jenis frekuensi, untuk masalah interferensi chanel akan saya bahas di artikel lainnya.

Demikian penjelasan yang bisa saya tuliskan, semoga membantu dan jika kurang faham bisa tinggalkan komentar atau bisa juga mencari referensi lainnya.