Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Konfigurasi CCTV AVIGILON


Cara Konfigurasi CCTV AVIGILON



CCTV adalah singkatan dari Close Circuit Television, fungsi dari cctv adalah sebagai salah satu alat pengamanan dengan cara merekan segala aktivitas yang ada. Dengan kondisi keamanan saat ini yang dapat dikatakan minim, maka produsen ICT berlomba-lomba menciptakan produk cctv dengan berbagai spesifikasi.

Dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara konfigurasi cctv avigilon, caranya sangat mudah dan simpel, langkah-langkahnya adalah:

Install aplikasi

Terlebih dahulu install aplikasi Avigilon Camera Configuration Tool, bisa di download secara gratis di web avigilon http://avigilon.com/support-and-downloads/for-software/acc/downloads/, setelah selesai download install aplikasinya

Samakan Network

Defaultnya cctv avigilon memiliki network 169.254.205.x/16. Jika kamera avigilon baru pertama akan di konfigurasi maka dilaptop cukup jadikan network ke mode automatically atau dhcp.

Pastikan kamera avigilon yang akan di konfigurasi sudah terhubung dengan laptop baik secara langsung ataupun melalui switch, kemudian jalankan aplikasi Avigilon Camera Configuration Tool,

Username : administrator
Password : kosong alias tidak ada



Maka akan terlihat semua kamera yang sudah terhubung dalam satu network, untuk melakukan konfigurasi kamera klik pada Web UI kamera yang akan di konfigurasi, jika diminta username dan password maka masukin seperti awal sebelumnya, username administrator dan password kosongkan.



Menu di dalam kamera avigilon ada 3,

Live view : menampilkan lokasi yang tersorot kamera
Setup : berisi menu-menu yang bisa diganti sesuai keinginan
About : berisi tentang identitas kamera

Klik pada menu Setup - Network

IPv4 Settings
pilih Use the following IP address kemudian ganti ip addres, subnet mask dan default gateway sesuai data ip masing-masing.

DNS Lookup
pilih Use the following DNS server addresses kemudian tambahkan dns misal 8.8.8.8, sesuaikan saja dengan dns dari isp masing-masing.



Untuk konfigurasi dasar kamera avigilon hanya sampai disitu dan kamera sudah bisa dimonitor, jika ingin melakukan konfigurasi lebih lanjut silahkan di oprek lagi.

Demikian cara konfigurasi cctv avigilon, semoga membantu dan bermanfaat.