Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan dan Merawat Flashdisk agar tidak cepat rusak

Cara Menggunakan dan Merawat Flashdisk agar tidak cepat rusak

Flashdisk adalah salah satu tempat menyimpan data yang sangat populer dan mudah ditemukan. 

Dulu pada masa – masa kuliah, yang namanya flashdisk tidak pernah ketinggalan, bahkan kalau dicek hampir setiap mahasiswa di kampus tempat saya kuliah dulu punya flashdisk.




Kelebihan dari flashdisk ini adalah gampang mendapatkannya di toko – toko, bisa menyimpan bentuk data apapun dan ukurannya yang kecil sehingga mudah untuk dibawa kemana – mana.

Namun flashdisk juga memiliki kekurangan yaitu rentan terserang virus yang akibatnya kadang membuat si pemilik stres dan marah – marah karena ada data penting yang di simpan di flashdisk tersebut namun si flashdisk tiba – tiba rusak.

Nah dari itu pada artikel ini saya bagikan tips yang bisa dilakukan agar flashdisk awet tahan lama dan datapun tersimpan dengan aman.

Berikut cara menggunakan dan merawat flashdisk agar tidak cepat rusak :

1. Simpanlah flashdisk di tempat yang bersih dan kering agar tidak membuat flashdisk menjadi kotor, berdebu apalagi sampai berkarat.


2. Jika akan menggunakannya pada komputer selain komputer kita, pastikan komputer tersebut tidak terkena virus namun jika sudah terlanjur scanlah flashdisk ketika sudah selesai agar jika ada virus yang masuk segera bisa di tangani oleh antivirus.



3. Jika memungkinkan installah antivirus yang khusus untuk flashdisk, sejauh yang saya tahu antivirus SMADAV punya antivirus khusus flashdisk.



4. Jika selesai digunakan jangan biasakan langsung mencabutnya, tapi Eject lah terlebih dahulu dengan cara klik kanan pada flashdiskeject.



5. Jangan terlalu sering mengedit file di dalam flashdisk, usahakan mengedit file di

dalam harddisk kalau sudah selesai baru di copy Paste ke Flashdisk atau save as ke flashdisk, ini untuk mengurangi flashdisk terus bekerja selama proses pengeditan file.


5. Jika flashdisk sering digunakan, usahakan untuk melakukan defrag flashdisk sebulan sekali agar kinerjanya tetap optimal. Jika flashdisk jarang digunakan mungkin bisa dijadwalkan 3 bulan sekali atau 6 bulan sekali.



7. Jika flashdisk memiliki tutup, tutuplah setiap kali pemakaian untuk mengurangi atau menghindari kotoran debu yang masuk ke ruang komponen. Jika tidak memiliki tutup usahakan untuk menyimpannya ditempat yang terhindar dari debu, seperti di dalam tas.



8. Usahakan agar flashdisk tidak sering terbentur dengan benda keras, atau sebisa mungkin jangan pernah terbentur degnan benda keras karena itu akan mempengaruhi komponennya.



9. Jangan sampai flashdisk basah kena hujan apalagi terendam deterjen sewaktu mencuci baju atau celana.

10. Jangan membeli flashdisk murahan, harga boleh murah tapi kualitas harus tetap diperhatikan.

Demikian cara yang dapat dilakukan agar flashdisk tidak cepat rusak, semoga bermanfaat.