Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Jenis Jaringan Komputer

Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul Dasar dasar Jaringan Komputer, bisa dibaca DISINI

Jaringan Komputer dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan jangkauan/geografis dan cara berkomunikasinya.

Jenis jaringan berdasarkan Jangkauan/Geografis

1. LAN



LAN merupakan kependekan dari Local Area Network. Dari namanya saja sudah mendeskripsikan bahwa jaringan LAN ini merupakan tipe jaringan paling sederhana dan juga paling kecil ruang lingkupnya. 

Biasanya jaringan LAN hanya digunakan dalam ruang lingkup kecil, seperti satu ruangan, satu rumah, satu sekolah, ataupun satu warnet.

Dengan menggunakan model jaringan LAN, maka seluruh komputer dalam satu ruangan tersebut dapat terkoneksi satu sama lain. LAN ini merupakan jaringan yang kasat mata yang hanya berjalan pada radius beberapa meter saja.

Jaringan Local Area Network bisa dibangun menggunakan media kabel ataupun non kabel (WiFi), tergantung dengan kebutuhan dan kemudahan dalam melakukan installasi, konfigurasi dan maintenance di masa yang akan datang.


2. MAN



MAN atau Metropolitan Area Network, merupakan kumpulan dari beberapa jaringan LAN yang menjadi satu, sehingga bisa tersambung dalam ruang lingkup yang lebih besar dari satu ruangan saja. 

Biasanya MAN diaplikasikan untuk mengkoneksikan komputer melalui jaringan, pada satu kota tertentu. Namun di Indonesia, penggunaan MAN tidak berkembang dan jarang sekali digunakan.

Jaringan komputer MAN ini lebih efisien untuk cakupan yang lebih luas, dengan menggunakan tipe jaringan MAN ini para user akan lebih mudah mengakses data dari user lainnya meski lokasi mereka tidaklah dekat. 

Jaringan ini lebih sering di gunakan oleh gedung-gedung yang memiliki keterkaitan satu sama lain, seperti gedung perkantoran.


3. WAN



WAN atau Wide Area Network merupakan jaringan yang jauh lebih luas ruang lingkupnya, seperti satu negara, satu benua, bahkan satu dunia. 

Internet yang biasa kita gunakan termasuk ke dalam jaringan WAN atau Wide Area Network, karena dapat menghubungkan komputer kita dengan jaringan seluruh dunia.

Teknologi jaringan WAN ini menggunakan kabel yang terletak di dalam tanah maupun di dasar laut, dengan begitu jaringan yang tercakup lebih luas bahkan antar benua dan banyak negara. 

Terdapat jenis-jenis kabel jaringan komputer yang biasa di gunakan, dan kebel yang di gunakan untuk jaringan WAN ini menggunakan kabel fiber optic yang cukup kuat sehingga rentan akan kerusakan meski tertanam di dalam tanah maupun di lautan.


Berdasarkan Distribusi Data

1. Jaringan Terpusat
Jaringan terpusat terdiri dari server dan komputer client yang akan berfungsi sebagai perantara dalam melakukan akses data dari komputer server.

2. Jaringan Terdistribusi
Ada kombinasi dari beberapa jaringan terpusat sehingga merupakan jaringan dari beberapa komputer server serta client yang saling terhubung.


Berdasarkan Media Transmisi yang digunakan

1. Jaringan Kabel (Wired Network)

Media pengiriman data yang dipakai pada jaringan ini berupa kabel. Kabel tersebut dipergunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya agar dapat saling bertukar informasi data yang terhubung dengan internet. 

Salah satu media pengiriman yang dipakai pada Jaringan berkabel adalah kabel UTP.


2. Jaringan Nirkabel (Wi-Fi)

Pada jaringan ini dibutuhkan sinyal elektromagnetik sebagai media pengiriman datanya. Berlainan pada jaringan berkabel (wired network), jaringan ini tidak memakai kabel untuk bertukar data dengan komputer lain, melainkan memakai sinyal elektromagnetik untuk mengirimkan sinyal informasi data antar komputer satu dengan komputer lainnya. 

Wireless adapter, salah satu media transmisi yang digunakan dalam wireless network.


Berdasarkan Topologi Jaringan

Topologi jaringan komputer adalah susunan jaringan yang menghubungkan komputer satu dengan yang lain. Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai topologi jaringan, silakan baca artikel pengertian dan macam jenisa topologi jaringan komputer yang sudah ditulis sebelumnya.

Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan menjadi: 


> Jaringan dengan topologi bus
> Jaringan dengan topologi bintang/Star
> Jaringan dengan topologi cincin/ring
> Jaringan dengan topologi topologi mesh
> Jaringan dengan topologi linier


Berdasarkan Tugas dari tiap Komputer

1. Jaringan Client-Server


Jaringan ini tersusun dari satu atau lebih komputer server dan komputer client. Umumnya tersusun dari satu komputer server dan beberapa komputer client. Komputer server bertugas mempersediakan semua sumber daya data dan informasi, sementara itu untuk komputer client atau user hanya bisa memakai sumber daya data dan informasi yang ada pada komputer server.


2. Jaringan Peer to Peer



Dalam jaringan ini, tipa-tiap komputer, baik itu komputer server ataupun komputer client atau user memiliki peranan yang sama. Jadi, komputer client bisa menjadi komputer server, dan sebaliknya komputer server juga bisa menjadi komputer client.

Beberapa jenis jaringan komputer tersebut memang memiliki manfaatnya masing-masing dan jangkauan area yang bisa diaplikasikan dalam penggunaannya.

Sehingga anda bisa menyesuaikan kebutuhan penggunaan untuk menentukan jenis jaringan komputer mana yang akan digunakan dalam memudahkan proses pengiriman informasi secara lebih tepat dan akurat.