Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Reset Mikrotik Jadi Default

3 Cara Reset Mikrotik Jadi Default


Mikrotik adalah perangakat jaringan yang sudah sangat populer saat ini. Dengan harga yang sangat-sangat terjangkau dan fitur yang sangat lengkap membuat pada administrator selalu memilih Mikrotik sebagai alat untuk memenej Networknya.

Namun adakalanya sang administrator lupa dengan username atau password yang di gunakan untuk login ke Mikrotik, Mikrotik diserang virus atau juga ada orang yang tidak bertanggung jawab melakukan perubahan-perubahan pada konfigurasi Mikrotik dengan cara memaksa login/hacking sehingga Mikrotik tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Jika demikian maka reset adalah solusi yang paling jitu untuk dilakukan. Namun perlu di ingat dengan melakukan reset maka semua konfigurasi yang ada akan hilang dan mikrotik akan benar-benar kosong seperti baru.

1. Reset melalui New Terminal

Cara reset yang satu ini biasanya dilakukan apabila Mikrotik error namun masih bisa login, mungkin juga si Mikrotik akan di pakai untuk user baru dengan kebutuhan konfigurasi yang berbeda, maka reset melalui New Terminal adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan.

Caranya: 
  • Login ke Mikrotik
  • New Terminal, ketik system reset-configuration no-defaults=y kemudian jika ada pertanyaan ketik y (yes), maka Mikrotik akan direset kembali ke awal alias kosong. Seperti pada gambar:



2. Reset melalui tombol RESET

Pada umumnya Mikrotik disediakan satu tombol RESET yang fungsinya jelas untuk melakukan reset pada Mikrotik. Reset Mikrotik melalui tombol RESET ini dinamakan dengan hard reset.



Caranya:
  •  Mikrotik dalam kondisi OFF
  • Tekan dan tahan tombol RESET (gunakan apa saja yang bisa masuk ke lobang tombol reset tersebut).
  • Tombol reset masih dalam kondisi di tekan dan power ON kan Mikrotik, tunggu beberapa detik kemudian lepas tombol reset.


Jika melakukannya dengan benar maka Mikrotik sudah kembali seperti semula dan bisa untuk dilakukan konfigurasi baru.

3. Reset melalui Jumper

Selain dengan tombol reset dapat juga melakukan hard reset dengan jumper, karena beberapa type RouterBOARD seperti RB1100ahX2,RB2100,CCR tidak dilengkapi dengan tombol reset.

Reset mikrotik dengan Jumper dapat dilakukan dengan membuka casing routerBoard terlebih dulu, karena yang akan di jumper biasanya berada di dalam.



Langkah-langkahnya adalah:
  • Mikrotik dalam keadaan OFF.
  • Siapkan jarum atau apapun yang berbahan besi.
  • Buka casing routerBoard.
  • Hubungkan tombol jumper menggunakan jarum atau bahan lain yang terbuat dari besi yang sudah disiapkan sebelumnya, tahan dan
  • Colok power adaptor ke listrik, pastikan jumper masih di tekan, tahan ±20 detik.
  • Tunggu hingga lampu ACT berhenti berkedip.
  • Lepas jarum dari jumper.


Jika ketiga cara diatas tidak bisa menyelesaikan persoalan Mikrotik yang error atau tidak bisa di akses karena lupa username dan password, maka langkah terakhir adalah dengan melakukan Install ulang OS Mikrotik pada RouterBOARD tersebut melalui Netinstall.

Caranya bisa sobat baca di ARTIKEL INI.

Demikian 3 cara reset Mikrotik jadi default, jika kurang faham silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.