Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Install Ulang Mikrotik dengan Netinstall

Cara Install Ulang Mikrotik dengan Netinstall


Apa itu Netinstall?


Berdasarkan sumber dari wiki Mikrotik, Netinstall adalah program aplikasi yang berjalan pada komputer Windows yang memungkinkan kita untuk menginstal Mikrotik RouterOS ke PC atau ke RouterBoard melalui Ethernet (kabel utp)

Netinstall juga digunakan untuk menginstal ulang RouterOS dalam kasus di mana instalasi sebelumnya gagal, rusak atau password akses hilang.



Untuk mendownload aplikasi Netinstall dengan gratis bisa di link ini.



Panduan Cara Install Ulang Mikrotik dengan Aplikasi Netinstall



Persiapan:

  • Download aplikasi Netinstall, bisa download disini.
  • Download software/ OS Mikrotik sesuai dengan jenis Routerboard yang akan di Install (x86, mpsbe, mipsle, mipsle, dll).

Untuk melihat jenis OS Mikrotik yang sesuai dengan RouterBoard yang sobat gunakan bisa di lihat DISINI.



Proses Install Ulang Mikrotik dengan Netinstall

  • Setting IP Address PC/Laptop yang akan digunakan menjalankan Netinstall


  • Jalankan aplikasi Netinstall yang sudah di download sebelmunya. Klik tombol Net booting dan aktifkan pilihan Boot Server enabled. Isikan IP Address dengan 192.168.88.10.
 



Note: Untuk IP Address yang digunakan bebas namun pastikan tetap satu segmen dengan PC/Laptop yang akan menjalankan Netinstall.

  • Hubungkan komputer/laptop ke Mikrotik dengan kabel UTP di port WAN (ether1). 
  • Kemudian Tekan dan jangan dilepaskan (hold) tombol RESET sambil memasukkan kabel power adaptor selama kurang lebih 15 detik sampai routerboad berhasil dideteksi oleh Netinstall (Mac Address status Ready).
  • Pada program Netinstall: pilih mac address routerboard yang akan dilakukan Netinstall. Kemudian klik tombol Browse untuk menentukan package RouterOS yang akan diinstall ke routerboard.
  • Klik tombol Install dan tunggu hingga proses instalasi selesai.
    Saat proses install selesai, beberapa routerboard akan secara otomatis Reboot, ada juga yang muncul tombol Reboot dan ada juga yang tidak muncul apa-apa namun proses install sudah selesai.
Silahkan login menggunakan Winbox dengan username dan password default, jika sudah bisa login berarti proses install berhasil.

Untuk versi videonya sobat bisa lihat dibawah ini:





Demikian cara install ulang mikrotik dengan netinstall, semoga membantu dan bermanfaat.