Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Upload Video Kualitas HD 720p Ke Youtube

Cara Upload Video Kualitas HD 720p Ke Youtube

Diawal-awal belajar editing video dan mencoba untuk share atau upload ke chanel Youtube tidak sedikit dari kita mengalami hal ini, yaitu video yang di edit dan di upload tidak sesuai dengan harapan alias video tidak jernih (HD).

Artikel ini akan coba berbagi dua hal mendasar yang harus dipatuhi jika ingin mendapatkan hasil editan video yang jernih alias kualitas HD.



1. Standar Resolusi Video Youtube

Pertama untuk menghasilkan kualitas resolusi video yang bagus saat di upload ke chanel youtube adalah dengan mengikuti standar format video Youtube yaitu MP4, ada juga yang namanya Video Codec yaitu H264. 

Hal ini dapat anda setting ketika proses editing video menggunakan software editing yang anda gunakan saat tahap akhir proses render video.

Saya sendiri menggunakan aplikasi Camtasia8 untuk melakukan editing video karena kebetulan video-video yang saya edit tidak membubuhkan banyak animasi-animasi, efek-efek karena saya masih mencoba untuk menjadi seorang youtuber, hehe.

2. Ukuran Frame Video Youtube

Saat melakukan editing sebaiknya mengikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh Youtube karena Youtube sendiri sudah memiliki standar frame sendiri sehingga kita sendiri lah yang harus menyesuaikannya.

Maksud dari hal ini yaitu misalkan kita membuat atau merekam video kemudian cek ukuran frame dari video tersebut dengan klik kanan pada video kemudian Properties kemudian cari menu Details, terdapat keterangan Frame width (lebar) dan Frame height (tinggi).

Jika kita membuat video dengan frame misalkan 1180 x 640 maka saat proses editing video kita harus mengubah ukuran frame tersebut sesuai dengan ukuran frame yang sudah ditetapkan Youtube yaitu :
  • Ukuran 240p dengan frame width x frame height ( 426 x 240 )
  • Ukuran 360p dengan frame width x frame height ( 640 x 360 )
  • Ukuran 480p dengan frame width x frame height ( 854 x 480 )
  • Ukuran 720p dengan frame width x frame height ( 1280 x 720 )
  • Ukuran 1080p dengan frame width x frame height ( 1920 x 1080 )
  • Ukuran 1440p (2k) dengan frame width x frame height ( 2560 x 1440 )
  • Ukuran 2160p (4k) dengan frame width x frame height ( 3840 x 2160 )


Dua hal diatas adalah hal mendasar yang harus diperhatikan agar hasil video yang di edit untuk kemudian di upload ke chanel Youtube bisa menampilkan video kualitas HD.

Demikian semoga bermanfaat.