Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Tipe-tipe Mikrotik RouterOS

Mengenal Tipe-tipe Mikrotik RouterOS 


Mikrotik OS yang dimaksud disini adalah semua jenis Operating System yang di produksi oleh mikrotik, meliputi Mikrotik RouterOS, Mikrotik SwitchOS, MikrotikOS for X86-x64 dan lainnya. Secara logika perbedaan tiap MikrotikOS adalah tergantung dari tipe OS tersebut, misalnya Mikrotik RouterOS ditujukan untuk pengoperasian router dengan berbagai package untuk kebutuhan sistem router di dalamnya, sedangkan SwitchOS ditujukan untuk pengoperasian switch dengan berbagai package untuk kebutuhan sistem switch didalamnya. Sebagai catatan, semua OS tersebut adalah buatan mikrotik.

MikrotikOS terdiri dari beberapa tipe dan setiap tipe juga terdiri dari beberapa versi. Seperti halnya OS untuk sistem operasi komputer seperti windows, setiap periode-nya mengalami proses upgrade dengan tujuan tersendiri. Misalnya menutup bug, menambah fitur atau menambah package, meningkatkan kualitas suatu fitur, dan lainnya lagi yang diikuti kebijakan tersendiri. Dalam produk mikrotik sendiri setiap MikrotikOS ditujukan untuk setiap perangkat yang bersangkutan. Berikut penjalasan daftar tipe mikrotikOS yang saya ketahui.

Mikrotik RouterOS setahu saya hingga kini terdiri dari 7 jenis package yang berbeda, yaitu mipsbe, smips, tile, ppc, arm, x86-x64, dan mipsle. Setiap package tersebut ditujukan untuk masing-masing tipe perangkat. Misalnya mipsbe bisa digunakan untuk perangkat seperti RB2011 dll, dan smips digunakan untuk perangkat seperti hAP lite. Selengkapnya bisa anda lihat di bawah ini:

1. Mipsbe
Perangkat yang menggunakan package tipe mipsbe:
CRS, NetBox, NetMetal, PowerBox, QRT, RB9xx, hAP, mAP, RB4xx, cAP, hEX, wAP, BaseBox, DynaDish, RB2011, SXT, OmniTik, Groove, Metal, Sextant, RB7xx. Mipsbe termasuk kategori Mikrotik RouterOS.

Download DISINI, Format File : ".npk dan .zip"

2. Mipsle
Jenis package berikutnya yaitu mipsle, salah satu Mikrotik RouterOS. Setahu saya, package jenis mipsle hanya digunakan untuk perangkat jenis RB1xx, RB5xx, Crossroads, dimana x adalah nilai versi dari perangkat jenis-nya.

Download DISINI, Format File : ".npk dan .zip"

3. PPC
Selanjutnya adalah package jenis PPC. PPC adalah salah satu Mikrotik RouterOS. Package PPC diperuntukan bagi perangkat jenis RB3xx, RB600, RB8xx, RB1xxx, dimana nilai x adalah nilai versi. Jadi hanya perangkat jenis-jenis yang tertera yang menggunakan package tipe ini.

Download DISINI, Format File : ".npk dan .zip"

4. Tile
Jenis package berikutnya adalah Tile. Tile juga merupakan salah satu jenis RouterOS, namun diperuntukan untuk perangkat jenis CCR.

Download DISINI, Format File : ".npk dan .zip"

5. X86-64
Package jenis x86-64 umumnya diperuntukan bagi perangkat RB230, dan untuk perangkat custom seperti PC. Jadi jika kita akan menginstall Mikrotik RouterOS di PC kita, maka package tipe inilah yang cocok.

Download DISINI, Format File : ".npk dan .zip"

6. SwitchOS
Berbeda dengan package-package sebelumnya. Mikrotik juga mempunyai package untuk switch produksi mikrotik seperti RB250. Saya hanya tahu 1 versi, yaitu SwitchOS V1.9 untuk RB250 sendiri.