Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bekerja di perusahaan jaringan? 10 command ini wajib kamu tahu dan pahami

Untuk menghapal perintah-perintah atau command yang ada pada CLI Cisco tidaklah mudah karena memang perintah-perintah atau command yang ada memang sangat begitu banyak. Yang terpenting harus diketahui dan dipahami adalah untuk apa command tersebut dijalankan.




Jika sobat adalah seorang administrator jaringan atau mungkin sobat baru ingin memulai belajar mengenali sistem jaringan khususnya Cisco ada beberapa command pamungkas atau bisa dikatakan sangat penting dan umum dijalankan oleh setiap orang yang berkecimpung di jaringan.

Command yang paling umum itu adalah yang berfungsi untuk memverifikasi atau juga untuk melakukan troubleshoot pada jaringan yang sudah di bangun, apakah karena sedang ada gangguan pada jaringan lama atau ada trouble pada saat pemasangan jaringan peramakalinya.

Berikut 10 command wajib tersebut,

1. show running-config atau disingkat sh run

Command ini fungsinya untuk melihat, mengecek keseluruhan konfigurasi yang sudah di buat pada sebuah sistem jaringan khususnya cisco, baik di layer 2 (switch) maupun di layer 3 (network/router).

Dengan perintah command ini kita bisa mengetahui apa saja yang sudah kita buat dan apa yang masih kurang dan harus kita tambahlan agar jaringan yang kita bangun berjalan sesuai dengan harapan.


2. show ip route atau sh ip route

Perintah ini berfungsi untuk melihat, mengecek routing table dari sebuah perangkat layer 3 (network/router). Dengan command ini kita akan bisa melihat network mana saja yang akan bisa berkomunikasi dengan jaringan yang sedang kita bangun.

Mengetahu routing table adalah mutlak bagi seorang administrator jaringan, terutama untuk kebutuhan troubleshooting, dengan command ini kita akan mengetahui routing ke network mana yang belum ada.


3. show protocols atau sh protocols

Perintah ini fungsinya untuk melihat status dari semua interface yang ada pada sebuah router cisco, baik interface fisik maupun logic (vlan). Dengan command ini kita akan mengetahui interface mana yang statusnya UP, Down atau bahkan masih di shutdown oleh administrator.


4. show mac address-table

Command ini berfungsi untuk mengecek mac addres dari sebuah perangkat yang terbuhung pada masing-masing port, atau juga mac addres perangkat yang terhubung ke vlan, caranya tinggal tambahkan port atau vlan yang dituju di kahir command, misalkan: show mac address-table vlan 584


5. show vlan

Dari command ini sudah jelas bahwa fungsinya untuk melihat semua vlan yang ada pada router ataupun switch mange. Perintah ini hanya berfungsi di switch manage, seperti cisco, huawei S2700 dst, bdcom.


6. show controllers

Command ini berfungsi untuk menampilkan kondisi fisik dari seluruh interface terutama jika ada port serial yang terkoneksi kabel serial, dengan command ini kita bisa mengetahui jenis kabel serial tersebut apakah jenis DTE atau DCE.


7. show ip interface

Fungsi dari command ini adalah untuk menampilkan ip addres pada masing-masing interface. Jika hanya ingin mengecek pada 1 interface saja bisa lebih di spesifikkan penulisan commandnya, misal: show ip interface vlan 14, maka semua ip yang di add di vlan 14 akan muncul.


8. show ip interface brief

Mirip dengan show ip interface, sedikit perbedaannya adalah di show ip interface maka ip addres yang di tampilkan full 1 subnet, misal: 172.16.21.1/29, namun di show ip interface brief ip address yang di tampilkan spesifik hanya yang di tanam langsung di interface tersebut, misal: 172.16.21.1


9. show cdp neighbor

Dengan command ini kita bisa mengetahui informasi tentang semua perangkat router yang terhubung langsung dengan router yang sedang kita ketikkan command ini.


10. copy running-config startup-config atau write atau save all

Ketiga command diatas adalah hal paling penting ketika kita melakukan konfigurasi pada sebuah perangkat jaringan, tanpa command tersebut maka akan sia-sialah perkerjaan yang kita lakukan jika pada saat kita belum mengetikkan command tersebut tida-tiba listrik padam, apa yang bisa kita lakukan? Konfigurasi ulang dari awal.

Demikian 10 command wajib yang harus diketahui jika sedang bergelut dengan pekerjaan networking, demikian semoga bermanfaat.