Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memilih Chanel Wifi Terbaik

Cara Memilih Chanel Wifi Terbaik

Kebutuhan akan akses internet sudah hampir menjadi kebutuhan utama saat ini. Banyak hal yang mempengaruhinya, misal kerja yang juga sudah bisa dilakukan serba online, usaha juga serba online dll.

Namun dalam hal pemilihan perusahaan penyedia internet mana yang harus di pilih untuk menjadi rekanan penyedia internet baik di rumah maupun kantor kadang terjadi banyak simpang siur terutama dalam hal kecepatan dan ke stabilan internet yang digunakan.

Kadang ada yang mengeluh diawal berlangganan dengan penyedia internet A kecepatannya memuaskan, eh jalan 3 – 4 bulan mulai ada masalah yaitu lelet alias lambat, kadang juga tidak bisa internetan padahal kondisi terhubung.

Usut punya usut ternyata di lokasi tersebut sudah banyak yang memasang wifi juga, sebagai awam tentu tidak berfikir jauh-jauh penyebabnya, lebih bnayk langsung menyalahkan si penyedia intenet, putus kontrak ganti ke penyedia internet B tapi kondisi tetap tidak berubah.

Sebagai administrator atau teknisi jaringan tentunya perlu tahu seluk beluk mengenai konfigurasi terbaik untuk wifi, terutama dalam hal pemilihan chanel frekuensi.

Tidak sedikit dalam mengkonfigurasi sebuah wifi chanel dibiarkan auto/ otomatis, padahal lebih direkomendasikan untuk menentukan langsung harus beroperasi di chanel berapa wifi yang di konfigurasi, apakah pengaruh? Jawabannya YA karena frekuensi ada batasan-batasannya.

Dibawah ini akan coba admin paparkan, sediakan kopi dan cemilan agar lebih santai membacanya, hehe..

Jaringan WiFi aktif di frekuensi 2.4 GHz dengan lebar 100 Mhz, frekuensi ini standarnya dibagi menjadi 11 kanal (ada router yang membaginya menjadi 14 tapi ini tidak didukung semua perangkat walaupun bisa mendeteksinya).

Secara singkat, channel WLAN terbaik yang bisa anda gunakan adalah 1, 6 dan 11. Jangan dibiarkan Automatic karena kadang bermasalah, antara tidak terdeteksi SSID hotspotnya atau bisa tersambung tapi tidak bisa online.

Kenapa harus chanel 1,6 dan 11? Jawabannya karena ketiga channel tersebut tidak saling menimpa satu sama lain frekuensinya, jadi aman digunakan dan menjamin kualitas sinyalnya karena tidak berebutan dengan router WiFi lain yang beroperasi pada frekuensi sama atau bersebelahan.

Untuk grafik chanel frekuensi 2.4Ghz dapat dilihat pada gambar dibawah



Maksudnya begini kalau kita menggunakan channel 6 maka 2 chanel dibawah dan diatasnya (channel 4 dan 5) juga (channel 7 dan 8) bisa digunakan secara otomatis. Dan inilah yang dimaksud sebelumnya kalau 1, 6 dan 11 tidak saling berebutan frekuensi karena 1 maksimal sampai 3 dan 11 sampai 9, sedangkan 6 dari 4 sampai 8, kira-kira paham? Bisa lihat gambar diatas secara perlahan.

Kasus lainnya, ternyata wifi kita dan beberapa tetangga memakai chanel yang sama, ketiganya pula. Bagaimana selanjutnya? Tetap disarankan untuk memakai channel yang direkomendasikan tadi karena apabila router mengenali ada hotspot lain yang frekuensinya sama maka secara otomatis akan menggunakan teknologi anti tabrakan (CSMA/CA = Collision Avoidance).

Atau solusi alternatifnya kekuatan sinyal (Transmit/Signal Power) diturunkan serendah mungkin tapi masih bisa digunakan secara normal di tempat anda.

Apa wajib harus memakai chanel diatas? Sebenarnya tidak juga, ini hanya sebagai anjuran saja karena frekuensinya lebih leluasa sehingga interferensi (gangguan) sinyal lebih kecil terjadi. Lebih bagus lagi jika ketika melakukan konfigurasi wifi kita melakukan analisa wifi sekitar terlebih dahulu menggunakan inSSIDer atau WiFi Analyzer untuk mengetahui chanel berpa saja yang sudah di gunakan di lokasi kita berada.

Demikian cara memilih chanel wifi terbaik yang bisa admin paparkan, semoga bermanfaat.