Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ingin Puasa Lancar? Coba Lakukan Tips Simpel ini

Tips Sehat Puasa: Ingin Puasa Lancar Coba Lakukan Tips Simpel ini

Puasa adalah kewajiban bagi setiap umat islam yang beriman kepada Allah. Dalam berpuasa banyak tantangan dan godaan yang dialami setiap orang dan berbeda – beda pula. Ada yang terkadang sakit, mag kambuh dan lain-lain.

Selain untuk meningkatkan derajat iman menjadi Taqwa, puasa juga semestinya membuat badan semakin sehat, ini sesuai dengan penjelasan Rasul Muhammad SAW dalam haditsnya.

Namun jika dalam pelaksanaannya kurang tepat memang sering malah menimbulkan sakit, badan lemas, penyakit kambuh dll. Jadi gimanasih caranya agar puasa tetap lancar tanpa kendala yang berarti?



Ini dia tips puasa sehat dan lancar sepanjang hari..

1. Makan dengan porsi normal

Tidak sedikit dari kita yang berpuasa ketika berbuka langsung melahap bermacam makanan yang ada di depan mata, bisa kita istilahkan dengan puasa balas dendam, siang menahan haus dan lapar tapi ketika berbuka tiba makan sekenyang-kenyangnya, terkadang ada yang sampai tidak bisa bangkit dari duduk.

Ini salah besar, karena organ-organ dalam tubuh yang berfungsi melumat makanan akan terkejut dengan masuknya makanan yang langsung banyak.

Nabi kita juga mengajarkan berbukalah dengan segelas air dan 3 kurma. Artinya saat berbuka cukuplah berikan makanan pemanasan agar organ dalam kita mengetahui sudah saatnya untuk bekerja setelah seharian istirahat.

2. Perbanyak minum air putih (air mineral)

Diluar Ramadhan ini juga sangat di anjurkan, minum minimal 2ltr air per hari. Perbanyak minum air putih disini maksudnya bukan sekali minum banyak-banyak ya sobat. Buatlah variasi minum yang sesuai dengan kondisi kita masing-masing.

Misalnya :
> tepat saat berbuka minum 1 gelas
> selesai makan malam minum lagi 1 gelas
> saat mendengarkan ceramah antara isya-taraweh minum 1 gelas
> di sela-sela shalat tarawih minum 1 gelas
> selesai taraweh minum lagi 1 gelas
> saat tadarus minum 2-3 gelas dan saat hendak tidur minum 1 gelas.

Itu hanya contoh saja, sesuaikanlah dengan kondisi dan kesanggupan kita masing-masing, namun yang jelas jangan sampai kurang dari 8 gelas.

3. Makanlah makanan sehat

Dalam Ramadhan kita akan menemukan banyak sekali jenis makanan yang pastinya akan menggoda selera untuk menikmatinya. Namun pastikanlah untuk tetap mengkonsumsi makanan yang sehat cukup nutrisi, kaya protein, jangan terlalu tergiur dengan makanan cepat saji seperti goreng-gorengan, makan pedas, asam dll.



Dengan mengkonsumsi makanan sehat pastinya akan membuat badan kembali bugar, fit dan bertenaga. Bukan berarti tidak boleh menikmati goreng-gorengan, yang pedas-pedas, tapi batasilah se sedikit mungkin.

4. Minum susu saat malam hari

Nutrisi yang terkandung di dalam susu sangat membantu untuk kebutuhan kita saat berpuasa, kita bisa meminum susu Bearbrand yang sudah terkenal akan manfaatnya karena mengandung 100% susu murni yang tanpa bahan pengawet.

5. Olahraga ringan

Ingat ya sobat, olahraga ringan bukan olahraga yang melelahkan. Ini bisa dilakukan saat selesai shalat subuh dengan melakukan gerakan-gerakan pemanasan layaknya akan senam SKJ, atau berjalan mengelilingi taman rumah.

Bisa juga saat sore hari sambil menunggu waktu berbuka puasa lakukan joging ringan, jika sanggup lakukan joging berat juga tidak masalah karena sudah mendekati waktu berbuka puasa.

6. Pasang Niat dan tekad yang kuat

Niat adalah hal paling utama dalah segala aktivitas hidup, tanpa niat yang kuat kadang sesuatu yang dilakukan akan berhenti di pertengahan jalan, sama dengan puasa jika tidak dibarengi dengan Niat yang kuat terkadang bisa berbuka sebelum waktu yang ditentukan. 

Maka Niat menjadi salah satu penentu berhasilnya puasa yang dijalani dengan baik tanpa terasa seberat apapun godaan yang datang menghampiri.

Itulah tips sehat puasa yang bisa kita lakukan agar dalam menjalankan puasa tetap lancar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.