Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Proxy Server: Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja

Pengertian Proxy Server

Server Proxy menurut id.wikipedia.org adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet.

Proxy Server bertindak sebagai gateway terhadap dunia Internet untuk setiap komputer klien. Proxy server tidak terlihat oleh komputer klien. 

Seorang pengguna yang berinteraksi dengan Internet melalui sebuah proxy server tidak akan mengetahui bahwa sebuah proxy server sedang menangani request yang dilakukannya.

Web server yang menerima request dari proxy server akan menginterpretasikan request-request tersebut seolah-olah request itu datang secara langsung dari komputer klien, bukan dari proxy server.

Proxy Server Menurut Ahli (Wagito) adalah server yang diletakkan di antara sebuah aplikasi client dan aplikasi server yang dihubungi. Aplikasi client tersebut bisa berupa browser web, client FTP, dan sebagainya. Sedangkan aplikasi server dapat berupa server web, server FTP, dan sebagainya.

Proxy Server yang berada di antara aplikasi client dan aplikasi server tersebut dapat digunakan sebagai pengendali maupun monotoring lalu-lintas paket data yang melewatinya.

Proxy server juga dapat digunakan untuk mengamankan jaringan pribadi yang dihubungkan ke sebuah jaringan publik (seperti halnya Internet).

Fungsi Proxy Server

Fungsi Caching
Adanya server proxy dapat menyimpan objek dan data yang pernah di search atau diminta user saat browsing menggunakan aplikasi internet. Misalnya ketika Anda melakukan pencarian pada situs tertentu maka data-data tersebut akan disimpan dalam bentuk cache.

Semua data yang diakses akan disimpan pada proxy server. Sehingga dari fungsi ini bisa dimanfaatkan untuk mendeteksi dokumen-dokumen apa saja yang sering diakses di komputer perusahaan.

Fungsi Filtering
Dalam fungsi ini server proxy bertindak sebagai media penyaringan atau filtering sebuah jaringan internet dimana setiap paket-paket data yang ditransmisikan akan discan dan difilter sebelum ditampilkan.

Fungsi Proxy sebagai filtering juga sering dimanfaatkan sebagai media untuk membatasi situs-situs mana saja yang bisa diakses dan yang tidak bisa diakses dengan tujuan untuk membatasi penggunaan internet yang mengarah pada hal berbau negatif.

Cara kerja Proxy Server

Ketika user mengakses sebuah situs, maka browser akan mengirim HTTP request ke server yang akan diterima oleh proxy terlebih dahulu. 

Setelah itu, HTTP request baru akan dibuat dan diteruskan ke Server. Server kemudian akan membalas dengan HTTP Response yang akan kembali diterima proxy dan diteruskan ke browser user awal.




Sumber konten:
Pengertian proxy server: id.wikipedia.org