Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Langkah Mudah Membuat Sitemap Keren di Blog

Halo sobat blogger..!

Sitemap adalah salah satu alat bantu webmaster tools untuk mempermudah dalam pengenalan peta situs di dalam website. Dengan begitu, mesin google dengan mudah menjelajah dan meraih halaman-halaman yang ada di dalamnya. 

Banyak tutorial yang membahas mengenai cara membuat sitemap pada blogger, tentunya berbeda cara berbeda pula tampilan sitemap yang dihasilkan.

Apa sebenarnya fungsi sitemap pada blogger?

Beberapa fungsi sitemap pada blog yang paling dasar adalah:

> Mempermudah pengunjung mencari artikel yang ingin dibaca

Adanya sitemap akan mempermudah para pengunjung yang datang dari berbagai sumber untuk mengetahui apa saja yang berada di dalam blog atau website sobat, sehingga bisa dikatakan user friendly dan tidak membuat bingung.

Sangat jelas, dengan adanya sitemap pada sebuah blog, maka pengunjung yang sedang mencari sebuah artikel akan lebih cepat untuk menemukannya.

> Website cepat terindex Google


Apabila sobat tidak menggunakan sitemap, robot search engine akan tetap bisa mengindeks situs sobat, akan tetapi membutuhkan waktu yang lebih lama karena robot search engine akan menjelajahi situs per halaman.

Bayangkan apabila sobat memiliki puluhan artikel bahkan sampai ratusan artikel, ini akan sangat sulit untuk robot search engine menjelajahi dan mengindeks situs sobat dengan cepat. Untuk itu sobat perlu menggunakan sitemap. Kecepatan indeks google sangat penting terutama bagi blog yang berisi konten berita terkini atau konten mengenai permasalahan terkini.

> Visibilitas Website

Sitemap membawa pengaruh yang besar terhadap visibilitas website di mesin telusur karena dijadikan rujukan oleh robot txt untuk merayapi website. Jadi apabila ingin memiliki sebuah website yang diakui oleh mesin pencari maka membutuhkan sitemap.

Sama halnya dengan webiste pada umumnya, blog juga memerlukan sitemap agar mesin pencari dengan mudah mendeteksi konten di dalamnya.



Daftar isi atau yang lebih dikenal Sitemap sangat penting untuk ada pada sebuah halaman Blog. Selain untuk mempermudah google menjelajahi blog kita, dengan adanya sitemap membuat pengunjung sebuah blog lebih mudah untuk menemukan artikel yang sesuai dengan kebutuhannya.

Selain untuk kemudahan bagi pengunjung blog untuk menemukan artikel pada sebuah blog yang sedang dikunjungi, banyak artikel di blog yang menyebutkan bahwa sitemap juga menjadi salah satu syarat untuk mendaftar ke Adsense.

Karena dianggap begitu penting, maka artikel ini akan mencoba untuk membahas tentang langkah mudah membuat sitemap simpel dan keren di blog.

Memasang sitemap di blog blogger tidak membutuhkan skill tinggi tentang html, karena sobat tinggal copas  saja dan langsung memasangnya pada halaman statis.

Berikut langkah - langkahnya:

1. Membuat Sitemap

Login atau masuk ke blog sobat masing - masing
Klik pada Halaman/Laman --> Halaman/Laman baru



Pilih mode HTML

Isi kolom judul halaman Sitemap



kemudian copas kode berikut pada halaman tersebut 


<link href="https://goo.gl/2qrReh" media="screen" rel="stylesheet" type="text/css"></link> <script type="text/javascript">
var showNew    = true,
    accToc     = true,
    openNewTab = true,
    maxNew     = 10,
    baru       = "Baru !",
    sDownSpeed = 600,
    sUpSpeed   = 600;
</script> <script src="https://goo.gl/6FjxRX" type="text/javascript"></script> <script src="https://serpengetahuan.blogspot.co.id/feeds/posts/summary?max-results=9999&alt=json-in-script&callback=loadtoc"></script>


2. Menghubungkan Sitemap Dengan Postingan

Agar sitemap yang sudah sobat buat bisa menampilkan semua artikel yang ada di blog sobat, maka hapus kalimat yang berwarna merah pada kode diatas, kemudian ganti dengan alamat atau url blog sobat.

Terakhir, klik pada Publikasikan

Sampai disini maka sitemap blog sobat sudah selesai dibuat denga tampilan kira - kira seperti dibawah ini:




Sangat mudah bukan? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.