Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian dan Penjelasan QoS Mikrotik

Quality of Service (QoS) adalah sebuah metode untuk menjaga kualitas layanan tetap pada kondisi yang diinginkan.

Ketika banyak komputer yang menggunakan jaringan secara bersama-sama tentu saja akan terjadi penurunan troughput yang didapat dari tiap-tiap layanan.

Oleh sebab itu perlu ada pengaturan untuk menjamin bahwa setiap komputer tetap bisa berjalan dengan optimal meskipun semua komputer yang terhubung pada jaringan sedang digunakan.

QoS tidak selalu berarti pembatasan bandwidth pada sebuah komputer, lebih dari itu QoS juga bisa digunakan untuk mengatur prioritas berdasarkan parameter - parameter yang diberikan dan menghindari terjadinya monopoli sebuah traffic terhadap seluruh bandwidth yang tersedia.

Ketika sebuah installasai jaringan tanpa menggunakan QoS, maka sebuah traffic akan secara acak memenuhi atau menggunakan bandwidth yang tersedia. Akibatnya, beberapa aplikasi yang membutuhkan data lebih cepat tidak terpenuhi dengan semestinya.

Contoh kasus

VoIP (Voice over Internet Protocol) tidak akan menjadi prioritas pada sebuah jaringan tanpa menggunakan QoS.

Jika pada saat bersamaan ada yang sedang streaming, download dan browsing maka pengguna VoIP akan sangat terganggu karena akan terjadi delay suara.

Namun dengan menggunakan QoS maka trafic dari VoIP bisa dijadikan prioritas utama sehingga meskipun pengguna ada yang sedang melakukan aktivitas streaming, browsing dan download tidak akan mempengaruhi trafic VoIP, sehingga penggunaan VoIP tetap lancar tanpa delay.

Untuk ilustrasi perbandingan sebuah jaringan yang menggunakan QoS dengan yang tidak menggunakan QoS bisa kita lihat pada gambar dibawah ini:


Pada ilustrasi gambar diatas, bisa kita lihat dengan menggunakan QoS sebuah traffic akan disusun berdasarkan skala prioritas dalam sebuah sistem antrian atau biasa disebut Queue.

Saat ini penggunaan QoS masih sering ditemukan pada router Mikrotik, saya tidak tahu apakah di router Cisco dan router merek lain terdapat fitur Qos selengkap yang ada pada Mikrotik.

Dalam MiktoTik terdapat beberapa jenis QoS yang dapat digunakan. Masing - masing jenis QoS mempunyai keunggulan dan mekanisme sendiri sendiri.

1. Simple Queue

Merupakan metode bandwidth management termudah yang ada di Mikrotik. Menu dan konfigurasi yang dilakukan untuk menerapkan simple queue cukup sederhana dan mudah dipahami.

Walaupun namanya simple queue sebenarnya parameter yang ada pada simple queue sangat banyak, bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang ingin diterapkan pada jaringan.

Parameter dasar dari simple queue adalah Target dan Max-limit. Target dapat berupa IP address, network address, dan bisa juga interface yang akan diatur bandwidthnya.

Max-limit Upload / Download digunakan untuk memberikan batas maksimal bandwidth untuk si target.

Simple Queue mampu melimit Upload, download secara terpisah atau Total(Upload+download) sekaligus dalam satu rule menggunakan tab Total.

2. Queue Tree

Queue Tree merupakan fitur bandwidth management di Mikrotik yang sangat fleksibel dan cukup kompleks.

Pendefinisian target yang akan dilimit pada Queue Tree tidak dilakukan langsung saat penambahan rule Queue namun dilakukan dengan menandai paket data pada menu Firewall Mangle.

Inilah yang menjadikan penerapan Queue Tree menjadi lebih kompleks. Langkah ini menjadi tantangan tersendiri, sebab jika salah pembuatan Mangle bisa berakibat Queue Tree tidak berjalan.

3. Per Connection Queue

Untuk kondisi client yang sangat banyak dan sangat merepotkan jika harus membuat banyak rule maka bisa menggunakan metode PCQ. PCQ dibuat sebagai penyempurnaan dari metode SFQ. 

Kelebihan PCQ adalah bisa membatasi bandwith untuk masing-maing client secara merata. Namun PCQ mempunyai kekurangan yaitu PCQ membutuhkan memori yang cukup besar.

4. Burst

Burst adalah salah satu cara menjalankan QoS yang memungkinkan penggunaan data-rate yang melebihi max-limit untuk periode waktu tertentu. 

Jika data rate lebih kecil dari burst-threshold, burst dapat dilakukan hingga data-rate mencapai burst-limit. 

Setiap detik router akan mengkalkulasi data rate rata-rata pada suatu kelas queue untuk periode waktu terakhir sesuai dengan burst-time. 

Perlu diingat bahwa burst time tidak sama dengan waktu yang diijinkan oleh router untuk melakukan burst. Dalam Burst dikenal beberapa istilah penting yaitu burst-limit & burst-threshold

Demikian penjelasan tentang QoS, semoga menambah pengetahuan kita bersama.