Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Aplikasi Simulasi Jaringan Paling Populer

Halo sobat Blogger!
Artikel kali ini serpengetahuan akan mengisi artikel mengenai aolikasi yang wajib diketahui dan juga di install bagi sobat yang ingin ataupun sedang mempelajari jaringan dan system server.

3 aplikasi simulator jaringan yang akan dibahas disini sudah tidak asing lagi bagi para senior - senior jaringan, baik langsung saja ke aplikasi pertama.

1. GNS3



GNS3 (Graphic Network Simulator) adalah software simulasi jaringan komputer berbasis GUI yang mirip dengan Cisco Packet Tracer.

Namun pada GNS3 memungkinkan simulasi jaringan yang komplek, karena menggunakan operating system asli dari perangkat jaringan seperti cisco dan juniper. Sehingga kita berada kondisi lebih nyata dalam mengkonfigurasi router langsung daripada di Cisco Packet Tracer.

Hasil konfigurasi yang kita lakukan pada aplikasi GNS3 juga bisa langsung di pakai pada perangkat asli baik cisco maupun juniper dengan catatan operating system yang kita gunakan pada GNS3 masih satu versi dengan operating system pada perangkat aslinya.

GNS3 juga merupakan alat pelengkap yang sangat baik untuk laboratorium nyata bagi network engineer, administrator dan orang - orang yang ingin belajar untuk sertifikasi seperti Cisco CCNA, CCNP, CCIP dan CCIE serta Juniper JNCIA, JNCIS dan JNCIE.

2. Cisco Packet Tracer



Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy.

Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco.

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini hanya digunakan untuk belajar dan simulasi jaringan khusus perangkat Cisco.

Berbeda dengan GNS3, hasil konfigurasi yang kita buat di Cisco Packet Tracer tidak bisa digunakan pada perangkat asli Cisco.

3. VirtualBox



Menurut Wikipedia VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi tambahan di dalam sistem operasi utama.

Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai sistem operasi MS Windows yang terpasang di komputernya, maka seseorang tersebut dapat pula menjalankan sistem operasi lain seperti Linux di dalam sistem operasi MS Windows.

Aplikasi VirtualBox lebih banyak digunakan untuk proses penelitian dan pembelajaran sebuah system seperti server dan lain - lain yang apabila dilakukan pada perangkat asli akan membutuhkan biaya cukup besar dan rentan pada kerusakan.

Dengan aplikasi ini kita hanya cukup mendownload secara gratis di internet, kemudian mendownload file iso system yang akan kita pelajari, kemudian kita sudah bisa belajar dengan baik tanpa harus takut perangkat rusak.

Aplikasi dengan fungsi sejenis VirtualBox lainnya adalah VMware dan Microsoft Virtual PC.

Itulah 3 aplikasi penting untuk belajar simulasi jaringan komputer, semoga bermanfaat.