Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jaringan IIX (Indonesia Internet Exchange)



Apakah sebenarnya IIX itu?

Indonesia Internet Exchange atau (IIX) merupakan tempat terhubungnya berbagai ISP(Internet Services Provider), penyedia layanan internet di Indonesia. Berdasarkan arti kata exchange berarti pertukaran sedangkan internet adalah kependekan dari Interconnection Networking.

Dengan adanya IIX sambungan internet yang ada di Indonesia tidak harus berputar-putar melalui jalur yang ada di luar negeri dulu, baru kembali lagi ke Indonesia. Konsep penggabungan jalur berbagai ISP ke dalam suatu wadah dalam satu negara yang ada di Indonesia ini, merupakan yang pertama kali di dunia.

Dahulu sebelum adanya IIX maka untuk berkomunikasi antar ISP yang berada di Indonesia tidak bisa secara langsung tapi harus melalui jalur luar negeri kemudian kembali ke Indonesia menuju ISP tujuan.

Proses ini dilakukan berulang kali selama diperlukan padahal yang berkomunikasi adalah ISP yang sama - sama lokasinya berada di dalam Indonesia.

Bisa dibayangkan betapa kurang efisiennya proses pertukaran informasi data dengan sistem seperti itu dan pastinya internet juga akan terasa lebih lambat karena data harus keluar negri dahulu baru kembali ke Indonesia.

Jika kita membeli sebuah hosting dengan embel - embel IIX maka bisa dipastikan bahwa hosting itu menempatkan server - nya di lokal (bukan di luar negeri). Perbedaan antara hosting IIX dan hosting di luar negeri salah satunya adalah kecepatan akses.

Keunggulan hosting IIX adalah pengunjung website dari Indonesia dapat mengakses dengan lebih cepat, karena pengunjung website tidak perlu memutar ke luar negeri dahulu untuk mencapai server. Jika target customer kita peruntukannya untuk domisili di Indonesia, rasanya pilihan untuk hosting IIX adalah pilihan yang paling tepat.

Tujuan IIX adalah membentuk jaringan interkoneksi nasional yang punya kemampuan dan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan untuk dipakai ISP yang memiliki izin operasi di Indonesia.

IIX merupakan Internet Exchange pertama di Indonesia yang dibentuk oleh APJII. Pada saat ini IIX terdapat di kota Jakarta, Yogya, dan Surabaya, menyusul Bali, Medan, dan kota-kota lainnya

Sejarah pembentukan IIX

IIX dibentuk oleh APJII yang awalnya bersifat amal dan sukarela dengan maksud menyatukan lalu lintas antar ISP di Indonesia sehingga tidak perlu transit ke luar negeri.

Tujuan IIX adalah membentuk jaringan interkoneksi nasional yang memiliki kemampuan dan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan yang ada untuk digunakan oleh setiap ISP yang memiliki ijin beroperasi di Indonesia.

IIX menjadi sebuah solusi atas keterbatasan infrastruktur isi dalam negeri yang seolah-olah terpisah dengan isi global. Dengan adanya IIX maka koneksi internet di Indonesia menjadi lebih murah. Indonesia Internet Exchange berkantor di Cyber Building 11th Floor, Jl. Kuningan Barat 8, Jakarta 12710