Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wifi Lemot? 3 Langkah Mudah Ini Solusinya



Halo sobat Bglogger!

Wifi anda lemot? sobat tidak salah, setelah membaca artikel ini mudah - mudahan masalah wifi lemot akan teratasi.

Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Setiap saat, dimanapun dan kapanpun orang - orang di jaman milenial saat ini selalu membutuhkan koneksi internet.

Bekerja dikantoran butuh internet, jalan - jalan butuh internet untuk upload - upload momen indah, jualan dan belanja juga butuh internet, bermain juga butuh internet, masih banyak hal - hal lain yang membuat setiap orang butuh dan bahkan ketergantungan dengan internet.

Apakah tidak ada masalah dalam menggunakan internet? Jelas ada, apa itu? Biaya mahal, jaringan lambat, sinyal kurang bagus dan lain - lain. Namun yang akan kita bahas pada artikel ini adalah solusi dari internet wifi yang lelet.

Penyebab Internet Wifi Lemot

Sebelum kita membahas solusi, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa penyebab internet atau wifi jadi lemot.

1. Interferensi

Menurut Wikipedia bahasa indonesia Interferensi adalah interaksi antar gelombang di dalam suatu daerah. Interferensi dapat bersifat membangun dan merusak.

Bersifat membangun jika beda fase kedua gelombang sama dengan nol, sehingga gelombang baru yang terbentuk adalah penjumlahan dari kedua gelombang tersebut.

Bersifat merusak jika beda fasenya adalah 180 derajat, sehingga kedua gelombang saling menghilangkan.

Pada umumnya interferensi ini dikenal dengan tabrakan antar frekwensi chanel wifi yang dipilih pada saat melakukan konfigurasi sebuah wifi.

2. Perangkat Heng

Perangkat heng juga sering menjadi penyebab jaringan wifi lemot, maka biasanya perangkat jaringan selalu diletakkan pada ruangan yang dingin atau ruangan terbuka yang tidak panas.

3. Full Traffic

Ini juga penyebab paling sering wifi dikatakan lemot, memang jika traffic full sudah pasti internet akan lelet. Kenapa bisa begitu?

Logikanya begini:

Jalan raya yang muat 2 mobil sekali jalan satu arah dilalui 100 mobil, setelah 1 Km berjalan ternyata jalan menyempit hanya bisa dilewati 1 mobil jalan searah, maka secara otomatis 100 mobil tadi akan mengerem dan antri. Seperti pada gambar ini:



Begitu juga dengan jaringan, misalkan kita berlangganan 2Mbps tapi yang memakai 10 orang dengan proses data 4Mbps maka otomatis data akan ngantri.

Lalu apa solusi Internet Wifi Lemot?

1. Jika karena masalah interferensi, maka:
  • Pilih chanel terbaik, acces point 2.4GHz biasanya chanel terbaik adalah di chanel 1,6 dan 11.
  • Turunkan power tx wifi ke paling low namun tetap maksimal untuk area yang kita butuhkan. Ini agar frekwensi wifi kita tidak bertabrakan dengan frekwensi wifi sekitar. 

2. Jika karena perangkat heng, maka satu - satunya cara adalah dengan merestart perangkat wifi, cabut colokan power wifi dan biarkan beberapa saat, kemudian pasang kembali.

3. Jika karena masalah full traffic, maka:
  • Tambah kapasitas bandwidth.
  • Ganti password wifi agar yang sudah tahu password sebelumnya tidak bisa login lagi.
  • Batasi atau filter jumlah pengguna yang bisa login.
  • Bagi bandwidth permasing - masing user sesuai kebutuhan. 

Itulah solusi mengatasi wifi lemot, mudah - mudahan membantu ya sob..