Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Kompres Video Menggunakan HandBrake

HandBrake adalah sebuah aplikasi gratis di internet yang fungsinya adalah untuk mengkompres atau memperkecil ukuran video dengan kualitas video tetap bagus.

HandBrake bisa mengkompres hampir semua bentuk format video yang ada seperti .mp4, .wmv, .mkv, dll dan kualitas video yang dihasilkan tetap bagus.




Langkah - langkah menggunakan HandBrake untuk mengkompres video

Buka HandBrake --> File (Open a single video file) atau bisa langsung drop file pada Or drop a file or folder here.

Selanjutnya yang perlu kita perhatikan adalah pada tab settingan untuk hasil kompres video nantinya. beberapa yang perlu kita ubah adalah :


1. Summary


    --> Format : pilih format video yang akan di hasilkan setelah proses kompres selesai, pada HandBrake versi yang saya gunakan hanya ada 2 format, yaitu MP4 dan MKV. 

Jika memilih memilih format MP4, jangan lupa centang pada Web Optimized.







2. Dimensions

    --> Size : tentukan ukuran Width (lebar) dan Height (tinggi) dari video, untuk ini jika kurang paham mengenai ukuran - ukuran pada frame video lebih bagus biarkan saja mengikuti bawaan video yang akan di kompres.

    --> Cropping : pilih Automatic







3. Video

    --> Video Codec : tentukan jenis codec video yang akan digunakan, pada umumnya codec video yang paling sering digunakan adalah H.264 (x264), tapi ini tetap bisa kita ganti sesuai yang kita inginkan, tentunya beda codec beda pula video yang di hasilkan.

   --> Framerate (FPS) : yang paling umum digunakan adalah framerate 30 dan 25







untuk selebihnya biarkan saja default mengikuti settingan video yang akan di kompres.

Selanjutnya, tentukan dimana video akan di simpan setelah proses kompres selesai, Save As --> Browse

Terakhir, klik pada Start Encode untuk mulai mengkompres video, tunggu sampai selesai.







Setelah video selesai di kompres, coba buka file penyimpanannya dan bandingkan size file video asli dan video hasil kompres, seharusnya size file video hasil kompres lebih kecil dari size file video aslinya. Kenapa? karena tujuan mengkompres video adalah untuk memperkecil ukuran atau size video agar bisa lebih cepat di unggah atau juga di tranfer ke media lain.

Untuk versi videonya bisa klik dibawah ini:






Demikian cara kompres video menggunakan handbrake, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar artikel ini, terimakasih.