Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Konfigurasi Fitur DHCP Option82 di Mikrotik

Halo sobat blogger..!

Pada artikel ini admin HANYA BERBAGI akan mengulas tentang cara menambah Option82 di Mikrotik.

Option82 itu sendiri fungsinya adalah untuk membuka sebuah string agar host/client bisa mendapat ip addres secara dynamic (dhcp) dari isp.

Topologi yang admin gunakan saat itu adalah seperti dibawah ini:



Penjelasan:

--> Internet : Menjadi sumber internet pada sebuah perusahaan ISP
--> IP DHCP Server : Ini adalah sistem yang dibuat untuk mendistribusikan ip address wan dan layanan internet untuk semua client yang berlangganan dengan metode dynamic (dhcp).

--> ROUTER ISP : Penghubung antara IP DHCP Server dengan client yang berada pada area yang berbeda. Jadi router ISP ini tentunya tidak hanya ada 1 buah melainkan banyak sesuai dengan coverage area si ISP tersebut.

--> MIKROTIK User : Ini adalah perangkat yang akan melakukan open string option82 agar ip wan yang di distribusikan ISP bisa dapat di sisi user.


Catatan Penting!

--> Tidak semua RouterOS mikrotik mendukung fitur Option82, awalnya saya menggunakan RouterOS 6.33 ternyata fitur Option82 ini belum ada. Kemudian saya upgrade ke RouterOS 6.46.4 baru fitur Option82 ini tersedia.

--> Fitur Option82 ini hanya ada pada interface bridge, jadi kita harus membuat 1 interface bridge, kemudian centang pada DHCP Snooping dan DHCP Option82. kemudian tambahkan port yang akan digunakan ke interface bridge yang sebelumnya dibuat.

/interface bridge
add add-dhcp-option82=yes dhcp-snooping=yes name=bridge-lan


Kemudian tambahkan port ke dalam interface bridge

/interface bridge port
add bridge=bridge-lan hw=no interface=ether1
add bridge=bridge-lan hw=no interface=ether2
add bridge=bridge-lan hw=no interface=ether3
add bridge=bridge-lan hw=no interface=ether4
add bridge=bridge-lan hw=no interface=ether5
add bridge=bridge-lan interface=vlan-inet.bb-2882 trusted=yes


Perlu di perhatikan bahwa Mikrotik pada posisi ini hanya berfungsi sebagai bridge, tidak ada settingan ip addres, dns, routing, firewall nat seperti biasanya.

Perangkat yang akan mendapatkan ip addres adalah perangkat jaringan setelah Mikrotik bridge tersebut, apakah langsung pc (komputer), Mikrotik lagi atau access point juga bisa.

Demikian cara konfigurasi fitur dhcp Option82 di Mikrotik, semoga membantu dan selamat mencoba.