Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Lengkap Tentang Winbox dan Fungsinya

fungsi winbox


Apa itu Winbox? Winbox adalah sebuah aplikasi yang biasa digunakan untuk melakukan administrasi terhadap Mikrotik RouterOS dengan mudah dan cepat menggunakan tampilan GUI. 

Winbox dapat digunakan pada Linux, MacOs dan Windows. Selain menggunakan Winbox untuk melakukan administrasi, kita juga dapat menggunakan Webbox yaitu sistem administrasi Mikrotik RouterOS berbasis web.

Aplikasi Winbox dapat didownload secara bebas dan gratis, kita hanya perlu search di google dan akan banyak web yang menyediakannya, bisa juga kita download pada saat mengakses Mikrotik dari webbox.

Bagaimana menggunakan Winbox?

Sebelum masuk ke sesi menggunakan winbox, ada baiknya kita mengenali terlebih dahulu fungsi - fungsi menu yang ada pada halaman utama winbox, berikut penjelasannya: 

--> Connect To : Tujuan mikrotik berdasarkan ip address/mac address.
--> Login : Username login mikrotik.
--> Password : Password login mikrotik.
--> Keep Password : Jika di centang, winbox akan menyimpan username dan password pada bar isian dan akan tetap ada ketika kita membuka winbox di lain waktu.

--> Open In New Window : Jika di centang maka tampilan utama mikrotik akan terbuka di halaman baru, dan tampilan login winbox yang pertama akan tetap.

--> Add/Set : Fungsinya untuk menyimpan data username, password dan ip address/mac address mikrotik. Jika ingin kembali konek ke mikrotik tersbut kita tidak perlu search mac atau memasukkan ip address lagi akan tetapi kita bisa langsung double klik pada username yang sudah tersimpan di tab Manage.

--> Connect To RoMON : Masuk ke mikrotik yang berbeda network dengan aman, untuk penjelasan tentang RoMON bisa sobat baca di artikel terkait dibawah ini :

--> Connect : Tombol untuk mulai terhubung ke mikrotik, pengganti enter kalau di keyboard laptop/pc.
--> Manage : Tab ini dipilih jika kita akan melakukan remote pada sebuah mikrotik.
--> Neighbors : tab ini dipilih jika kita akan masuk ke mikrotik secara langsung, artinya mikrotik langsung terhubung ke laptop/pc menggunakan kabel utp ataupun wireless jaringan lokal.


Jadi bagaimana cara menggunakannya?

Setelah Winbox selesai di download, kita jalankan dengan double klik. Kemudian untuk menghubungkan winbox dengan mikrotik ada 2 cara.

1. Neighbors

Mode ini digunakan jika mikrotik yang akan di administrasi atau di konfigurasi langsung terhubung dengan laptop/pc yang kita gunakan. Baik mikrotik langsung terhubung menggunakan kabel utp maupun terhubung menggunakan jaringan local.

Pada mode ini kita hanya perlu mengunggu mac address mikrotik muncul di bar winbox. Jika sudah muncul kita klik pada mac address kemudian, pada :

--> Login : isi dengan username mikrotik
--> Password : isi dengan password mikrotik
--> Connect : klik untuk mulai masuk ke mikrotik


fungsi winbox


2. Managed

Mode ini digunakan untuk mengkonfigurasi mikrotik jarak jauh atau istilah yang sering digunakan adalah remote.

Caranya kita klik pada Managed, kemudian pada :

Connect To : isi dengan ip addres publik si mikrotik yang akan kita remote
Login : isi dengan username untuk login ke mikrotik
Password : isi dengan password login untuk masuk ke mikrotik

Seperti pada gambar dibawah ini :


Apa fungsi Winbox?

Dari penjelasan diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa fungsi dari Winbox adalah untuk melakukan administrasi (konfigurasi) pada mikrotik baik secara langsung maupun secara remote.

Demikian artikel tentang winbox dan fungsinya, semoga bermanfaat.