Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Langkah Wajib Agar Sukses Ngeblog Bagi Pemula

5 Langkah Wajib Agar Sukses Ngeblog Bagi Pemula




5 Langkah Wajib Agar Sukses Ngeblog Bagi Pemula - Sebenarnya siapa saja dapat menjadi seorang blogger yang sukses, namun untuk Anda yang belum pernah mengenal tentang dunia blogger ini, tentu ada berbagai macam hal yang harus Anda pelajari dengan baik tentang dunia tersebut.

Kebanyakan dari kita yang baru akan memulai bergelut di dunia blogger hanya melihat apa yang orang lain sudah capai, jarang sekali kita melihat perjuangan apa yang sudah dilakukan dalam membangun blog tersebut hingga sukses memberikan penghasilan. Sehingga banyak dari kita yang berhenti di peretngahan jalan karena melihat blog yang dikelola bagitu-begitu saja.

Dalam artikel ini akan dijelaskan, langkah-langkah yang harus blogger pemula lakukan ketika memasuki dunia blogger ini. Bagaimana cara memulai, apa yang harus dipelajari, dan hal lainnya. Sehingga Anda sebagai pemula blogger memiliki pengetahuan untuk menjadi blogger yang sukses.

1. Tentukan topik dan tujuan

Sebelum Anda terjun ke dunia blogger ini, sebaiknya tentukan maksud dan tujuan Anda.  Apakah Anda hanya terjun ke dunia blogger ini hanya sekedar hobby, ingin menghasilkan uang, atau hal lainnya.

Dengan adanya tujuan yang jelas, Anda memiliki motifasi untuk mengembangkan blog Anda tersebut. Untuk menjadi blog yang terkenal dan sukses, maka Anda harus konsisten dan tekun, membuat dan merakit blog tersebut. Berikutnya tentukan topik untuk blog tersebut

Sering timbul pertanyaan begini, Topik apa yang sebaiknya saya pilih?

Anda sebaiknya memilih topik yang Anda kuasai, seperti ketika Anda menyukai dunia kecantikan wanita. Sebaiknya buat topik mengenai tips kecantikan, review produk kecantikan dll.

Begitupun jika Anda piawai dalam hal lainnya. Fokuslah pada topik yang sedang Anda buat tersebut, dengan demikian orang akan mudah mencari apa yang mereka butuhkan.

2. Membuat blog dan menggunakan template yang baik

Setelah Anda menentukan topik yang akan dibuat, berikutnya adalah menetukan blog yang akan digunakan. Ada beberapa penyedia blog gratis yang dapat Anda gunakan, seperti blogger.com, wordpress.com, mywapblog.com dan beberapa blog lainnya. 

Untuk Anda yang masih merasa bingung memilih blog yang pas, ada baiknya jika Anda memilih blogspot, karena ini adalah layanan blog paling tua dan paling simpel menurut saya.

Template seperti apa yang harus saya gunakan?

Setelah Anda memilih blog yang pas, maka berikutnya adalah memilih template yang pas, dan cocok untuk blog yang sedang dibuat tersebut.

Banyak jenis template yang bisa anda pilih di google. Anda bisa mendownloadnya secara gratis, namun yang perlu anda perhatikan adalah pastikan bahwa template tersebut cocok dengan niche atau isi blog anda agar kelihatan nyambung.

Perhatikan juga apakah template tersebut memiliki berbagai unsur yang ramah untuk mesin pencari, seperti responsive, mobile friendly agar orang yang akan berkunjung tidak merasa kesal degan tampilan blog anda.

Saat ini sudah banyak template yang mendukung fitur-fitur yang dibutuhkan seperti mobile friendy, fast respon, mendukung adsense dan lain sebagainya.

5 Langkah Wajib Agar Sukses Ngeblog Bagi Pemula


3. Belajar menulis artikel

Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah belajar membuat sebuah artikel. Anda harus belajar bagaimana menyusun kata dengan baik, agar mudah dan nyaman dibaca.

Jika memiliki waktu luang, anda bisa benar-benar fokus belajar cara menulis yang baik, anda bisa mengikuti kursus, pelatihan dan seminar tentang menulis.

Namun jika tidak memiliki waktu yang luang, anda bisa langsung membuat artikel sekaligus membaca atau meniru gaya penulisan para blogger yang sudah terkenal dan sukses.

Apa yang harus ditulis?

Yang harus Anda tulis tentu saja yang berkaitan dengan blog yang sedang anda buat tersebut. Anda juga perlu belajar mencari judul yang paling banyak cicari oleh pengunjung meskipun ini bukan sebuah keharusan ya. 

Yang paling penting dan banyak memberikan kesuksesan pada seorang blogger adalah menulis apa yang menjadi hobi, kemudian lakukan terus menerus yang artinya anda harus selalu membuat artikel untuk di upload agar blog anda selalu memiliki aktivitas setiap harinya.

Banyak diantara orang-orang yang mencoba keberuntungan dengan main blog namun pada akhirnya bosan dan bingun akan menulis apa karena dari awal membuat blog terlalu memaksakan menulis yang tidak di mengerti. 

4. Promosikan Konten (Artikel)

Ada 2 cara promosi konten yang dapat Anda lakukan, agar artikel Anda dikenal orang yaitu dengan cara online atau offline. 

Cara offline adalah dengan mencantumkan alamat blog Anda di berbagai brosur atau hal lainnya. Sedangkan cara online adalah dengan menggunakan berbagai macam social media yang Anda miliki seprti facebook, instagram, line dan sosmed lainnya yang kamu punya.

Kenapa harus pake promosi segala?

Tujuan dari promosi ini adalah agar blog yang kamu miliki dikenal orang banyak. Jika mereka membutuhkan sesuatu yang ada di blog kamu maka otomatis mereka akan berkunjung untuk mencarinya dan asilnya blog kamu akan rami pengunjung.

Promosi ini tidak harus selalu dilakukan dan juga tidak akan selamanya ada kegiatan promosi blog kamu.

Kamu hanya perlu share tulisan yang kamu anggap bagus untuk dibaca orang, karena jika setiap tulisan artikel yang kamu upload selalu di share ke sosmed yang kamu miliki maka bisa jadi teman-teman sosmed mu akan merasa terganggu.

Jika blog kamu sudah mulai banyak pengunjung maka kamu tidak perlu lagi melakukan promosi dengan share artikel yang kamu upload. Cukup buat artikel bagus setiap harinya agar pengunjung blog mu selalu mendapatkan bacaan baru setiap harinya.

5. Mempelajari SEO dan desain blog

Apa itu SEO?

SEO adalah sebuah cara yang harus kamu lakukan agar artikel yang kamu buat mudah dicari di mesin pencarian (google, mozilla dan lain-lain).

SEO banyak menentukan kesuksesan seorang blogger karena dengan SEO yang baik maka artikel yang kamu buat akan dengan sangat mudah ditemukan.

Namun yang juga perlu diingat adalah bukan hanya seo agar artikel mudah ditemukan yang harus kita pelajari, teknik menulis dan menyusun kata-kata juga sangat perlu agar pembaca artikel kamu mudah memahami apa yang sedang kamu jelaskan melalui artikel.

Mengapa harus belajar SEO?

Karena ini adalah kunci sukses dalam mencari nafkah di internet, baik di blog juga di youtube.Dengan menggunakan SEO yang baik, maka pengunjung akan mudah masuk ke blog Anda, ketika menggunakan mesin pencari.

Itulah 5 langkah yang harus kita ketahui dengan detail jika ingin sukses dalam mengelola sebuah blog yang tentunya kita harapkan penghasilan yang luarbiasa.