Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Cara Menempatkan Iklan di Bawah Postingan Blog

Tutorial Cara  Menempatkan Iklan di Bawah Postingan Blog

Tutorial Cara  Menempatkan Iklan di Bawah Postingan Blog - Saat ini mencari penghasilan tambahan dari internet sedang naik daun, artinya semakin banyak orang-orang yang tahu dan berlomba-lomba dalam membuat konten dengan tujuan menarik pengunjung.

Platform yang paling populer saat ini adalah youtube dan blog. Kedua platform ini menjadi pilihan paling banyak untuk menambah penghasilan dari internet.

Tentunya untuk bisa mendapatkan penghasilan dari kedua platform ini kita harus mendaftarkan chanel (youtube) dan blog kita ke salah satu program periklanan online, saat ini yang paling populer adalah Adsense. 

Namun untuk proses penayangan iklannya yang berbeda, kalau di youtube jika sudah diterima Adsense maka iklan akan secara otomatis tampil, namun pada blog kita harus menempatkan kode iklan pada tempat-tempat yang kita inginkan.

Penempatan iklan adsense sangat menentukan besar kecilnya penghasilan seorang blogger, baik yang menggunakan blogspot, wordpress juga domain custom. Banyak tidaknya yang melakukan klik pada artikel dipengaruhi beberapa faktor, diantaranya adalah posisi penempatan klan dan kesesuaian iklan dengan artikel.




Penempatan iklan maksudnya adalah, sebuah iklan berada pada tempat yang pasti dilihat oleh pembaca, kemudian jika iklan tersebut sesuai dengan artikel yang sedang dibaca akan semakin besar kemungkinnan iklan tersebut akan di klik oleh pembaca tersebut.

Kali ini admin HANYA BERBAGI akan coba berbagi trik penempatan iklan yang baik agar iklan adsense banyak yang klik, salah satunya adalah dengan meletakkan iklan adsense tepat di bawah artikel postingan blog.

Selain meletakkan iklan dibawah judul artikel, salah satu posisi terbaik untuk meletakkan iklan adsense adalah di bawah artikel, maksudnya adalah tepat dibawah setelah isi artikel berakhir.


Cara memasang iklan di bawah postingan (artikel) blog cukuplah mudah, caranya :

1. Buat iklan adsense yang akan di pasang
Copy kode iklan dan PARSE terlebih dahulu, sobat bisa cari penyedia parse html di google, banyak kok tersedia.
2. Login ke Blog --> Tema --> Edit HTML
3. Cari kode <data:post.body/>, agar cepat gunakan kombinasi tombol “Ctrl+F” keyboard, kemudian copas kode <data:post.body/> di kolom pencarian




Untuk jadi perhatian, kode <data:post.body/> biasanya lebih dari satu, tergantung dengan struktur template blog yang dipakai. 

4. Pilih salah satu, untuk blog saya ini berfungsi pada kode terakhir.
Kemudian letakkan kode berikut ini tepat dibawah kode <data:post.body/> yang sobat pilih

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<div style='text-align:center;'>
Paste Kode Iklan Adsense yang sudah di PARSE tadi disini
</div></b:if>

5. Terakhir simpan/Save template dan lihat perubahannya apakah iklan muncul atau tidak.

Jika iklan tidak muncul, ada beberapa penyebabnya :

> Iklan adsense baru dibuat, ini hanya perlu menunggu beberapa saat agar iklan muncul.
> Kode <data:post.body/> yang sobat pilih belum tepat, solusinya silahkan ulangi langkah - langkah diatas pada kode <data:post.body/> lainnya sampai iklan benar - benar tampil.

Jangan takut untuk mencoba, sobat hanya perlu tidak keluar dari halaman Edit HTML pada tema blog agar bisa menggunakan kombinasi tombol Ctrl+Z untuk membatalkan perubahan pada kode HTML jika iklan tidak tampil dikarenakan peletekan kode yang belum tepat.

Jika iklan sudah tampil dan sobat ingin memposisikan iklan lebih ke kiri ataupun ke kanan, sobat bisa menggunakan kode dibawah ini :

Untuk iklan Adsense rata kanan

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<div style='float:left; margin-left: 10px'>
Paste Kode Iklan Adsense yang sudah di PARSE tadi disini
</div></b:if>

Untuk iklan Adsense rata kiri

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<div style='float:left; margin-right: 10px'>
Paste Kode Iklan Adsense yang sudah di PARSE tadi disini
</div></b:if>

Demikian cara meletakkan iklan adsense tepat di bawah artikel postingan blog, semoga membantu dan selamat mencoba.