Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatur Waktu Dan Tanggal Pada Mikrotik

Hallo sobat blogger..!!

Layaknya seperti komputer (pc/laptop), Mikrotik juga sudah seharusnya kita atur waktunya agar sesuai dengan waktu setempat.

Pengaturan waktu (jam/tanggal/bulan/tahun) pada Router Mikrotik mutlak diperlukan ketika kita mulai melakukan implementasi rule - rule berdasarkan parameter waktu, dimana rule tersebut dikonfigurasikan agar berjalan pada waktu tertentu.

Selain itu pengaturan waktu pada Mikrotik juga kita butuh untuk keperluan pengecekan log saat Mikrotik mengalami trouble, misal port pown, konfigurasi berubah dan lain - lain.

Ketidak sesuaian waktu antara Router Mikrotik dengan keadaan nyata, akan mengakibatkan rule tersebut tidak berjalan sesuai kebutuhan. Selain itu, pencatatan Log pada Router juga terdapat informasi waktu kapan Log tersebut dibuat, sehingga akan membingungkan pembacaan jika informasi waktu tidak sesuai dengan keadaan nyata

Pengaturan waktu pada Mikrotik sangatlah mudah untuk kita lakukan. Ada 2 pilihan untuk mengatur waktu pada Mikrotik, yaitu : System --> Clock

Defaultnya waktu pada Router Mikrotik menunjukkan jam 00:00:00 tanggal Jan/02/1970, kita perlu melakukan penyesuaian waktu secara manual. Namun pengaturan yang kita lakukan akan otomatis hilang dan kembali ke pengaturuan default jika Mikrotik reboot.

Hal ini terjadi karena Mikrotik tidak memiliki kemampuan untuk menyimpan pengaturan waktu seperti komputer (pc/laptop).

Alternatif yang bisa digunakan agar pengaturan waktu tetap ada seperti pengaturan yang kita buat adalah dengan menggunakan service NTP (Network Time Protocol).

Pengaturannya kita lakukan pada System --> SNTP Client. Selain itu Mikrotik juga bisa kita gunakan sebagai NTP Server.

Mikrotik sebagai NTP Client

Pada package system RouterOS Mikrotik sudah terdapat fitur SNTP (Simple Network Time ProtocolClient yang bisa digunakan untuk memfungsikan Router sebagai NTP Client. Saat menyala, Router akan otomatis melakukan sinkronisasi waktu terhadap NTP Server yang ditunjuk sehingga pengaturan waktu akan tetap update.

Untuk NTP Servernya kita bisa mengarahkannya ke NTP Server Mikrotik milik kita jika ada, namun jika tidak meiliki NTP Server sendiri kita bisa menggunakan NTP Server di internet dengan banyak pilihan, misal : 0.id.pool.ntp.org, 1.id.pool.ntp.org dan lain - lain. 


Untuk langkah - langkah konfigurasinya :

Login Mikrotik --> System --> SNTP Client, kemudian lakukan beberapa pengaturan seperti berikut :

   > Centang pada Enable
   > Primary NTP Server : 0.id.pool.ntp.org
   > Secondary NTP Server : 1.id.pool.ntp.org
   > Apply (OK) maka akan muncul beberapa keterangan jika NTP Server yang kita gunakan valid dan aktif,




Kemudian coba kita cek apakah waktu yang ada di Mikrotik sudah sesuai dengan waktu lokasi kita berada.

> System --> Clock,





Mikrotik Sebagai NTP Server

Fungsi NTP Server pada Mikrotik tidak terdapat pada package default RouterOS, sehingga harus install manual package ntp.npk.

Dengan fungsi NTP Server ini kita bisa memiliki sebuah server didalam jaringan kita sehingga RouterBoard yang lain cukup mencari informasi waktu pada jaringan lokal, tidak perlu menggunakan bandwidth untuk akses ke public NTP server di internet.

NTP server bisa kita bangun pada sebuah hardware yang bisa melakukan penyimpanan waktu, misalnya PC Router.

Kita bisa menentukan metode penyebaran informasi waktu, bisa menggunakan Broadcast,Multicast atau Manycast.

Untuk pembahasan lengkap mengenai Mikrotik sebagai NTP Server, mulai dari install package sampai dengan konfigurasi akan kita bahas pada artikel selanjutnya.



Demikian cara melakukan pengaturan waktu pada Mikrotik, semoga membantu dan selamat mencoba.