Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jaringan Lan Virtual dan Fungsinya



Apakah anda sedang belajar jaringan? atau mungkin anda adalah seorang karyawan atau pengusaha yang bergerak dibidang jaringan komputer?

Saya yakin ketika anda membaca artikel ini, maka anda tidak jauh-jauh dari seorang yang bergelut di bidang jaringan komputer dan internet.

Baiklah tanpa bertele-tele pada artikel ini serpengetahuan akan berbagi berbagi pengetahuan mengenai Virtual local area network (Vlan).

Bagaimana cara mengkonfigurasi vlan di cisco akan serpengetahuan bahas diluar dari topik pembahasan pada artikel ini.

Jaringan Lan Virtual dan Fungsinya


Pengertian Vlan


Jaringan Lan Virtual atau VLAN (Virtual Local Area Network) adalah sebuah jaringan Local Area Network berbentuk logic yang memanfaatkan perangkat jaringan fisik seperti Switch dan Router.

Vlan memungkinkan beberapa kelompok dan segmen jaringan berda pada device bahkan port (interface) fisik yang sama dengan tidak saling bertabrakan.

Switch harus dikonfigurasi dengan VLAN pada setiap port. VLAN harus didaftarkan ke dalam VLAN database. Sebuah port switch yang telah dikonfigurasi dengan sebuah VLAN tunggal disebut sebagai access port.

Fungsi VLAN


Membagi satu fisik perangkat jaringan baik device maupun interface (port) menjadi beberapa jaringan baru secara logic yang mana antar jaringan baru yang dibuat saling terpisah satu sama lain.

Jenis - jenis VLAN


VLAN memiliki beberapa jenis, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Default VLAN


Default VLAN merupakan vlan yang sudah ada sejak pertama kali switch dihidupkan, sebelum dikonfigurasi semua port yang ada pada switch akan tergabung ke dalam default VLAN dan dapat terhubung pada masing-maisng port. Default vlan ini biasanya adalah vlan 1.

  • Data VLAN


Data VLAN merupakan vlan yang dimana hanya mengatur trafik data pada VLAN.

  • Native VLAN


Native VLAN merupakan vlan yang akan dikembalikan ke suatu port apabila tidak dalam bentuk trunking dan untagged.

  • Voice VLAN


Voice VLAN merupakan vlan yang mendukung VoIP dan di khususkan untuk komunikasi data suara pada VLAN.

  • Management Vlan


Manajement VLAN ialah merupakan VLAN yang dikonfigurasi untuk manajement switch ataupun Router.

Manfaat VLAN (Virtual LAN)


Penerapan sebuah teknologi VLAN memungkinkan sebuah jaringan menjadi lebih fleksibel untuk mendukung tujuan bisnis. Berikut ini beberapa keuntungan menggunakan VLAN :

  • Security


Departemen yang memiliki data sensitive terpisah dari jaringan yang ada, akan mengurangi peluang pelanggaran akses ke informasi rahasia dan penting.

  • Cost reduction


Penghematan biaya dihasilkan dari tidak diperlukannya biaya yang mahal untuk upgrades jaringan fisik dan efisiensi penggunaan bandwidth dan uplink yang tersedia.

  • Higher performance


Dengan membagi jaringan layer 2 menjadi beberapa worksgroup secara logik (broadcast domain) mengurangi trafik yang tidak diperlukan pada jaringan dan meningkatkan performa pada jaringan tersbut.

  • Broadcast storm mitigation


Dengan membagi sebuah jaringan menjadi VLAN mengurangi jumlah peralatan yang berpartisipasi dalam broadcast storm.

  • Improved IT staff efficiency


Dengan VLAN pengelolaan jaringan lebih mudah, karena user-user dengan kebutuhan jaringan yang sama berbagi VLAN yang sama.

  • Simpler project or application management


Memiliki fungsi-fungsi terpisah mempermudah pengelolaan sebuah project atau bekerja dengan aplikasi khusus.

Demikian mengenai jaringan lan virtual dan fungsinya, semoga bermanfaat dan menambah pemahaman anda, terimakasih.

Salam..
serpengetahuan