Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Mengamankan Artikel Dari Copy Paste

Cara Mudah Mengamankan Artikel Dari Copy Paste

Cara Mudah Mengamankan Artikel Dari Copy Paste - Apakah artikel yang sobat buat pernah dicuri sebagian atau bahkan keseluruhan oleh orang yang tidak bertanggung jawab? Mungkin rata-rata dari blogger pernah mengalaminya.

Sudah capek merangkai kata, kalimat supaya tercipta sebuah artikel berkualitas, eh malah ada yang maen copy paste, di publish ulang dengan tujuan menghasilkan uang juga, tanpa menyertakan link sumber pula, hanya modal ctrl+c ditambah ctrl+v jadi deh artikel berkualitas.

Mungkin, ini hanya kemungkinan ya… perilaku seperti ini tidak akan pernah punah, baik di dunia blog, juga dunia youtube untuk versi videonya.

Perilaku ini sebenarnya bisa kita atasi dengan mendaftarkan blog atau website kita ke DMCA (Digital Millennium Copyright Act) kemudian membuat laporan terkait konten artikel yang dicuri atau copy paste.

Namun cara ini agak sedikit ribet karena kita harus menyertakan secara lengkap beserta bukti-bukti, seperti url blog yang mencuri artikel kita, tanda tangan kita dan lain-lainnya.

Namun begitupun sobat tidak perlu khawatir, pada artikel ini serpengetahuan akan coba berbagi sedikit tips untuk mencegah copy paste artikel yang sobat buat.

Meskipun tidak ada cara paling pasti untuk mencegah perilaku copy paste, namun dengan cara ini setidaknya si pelaku membutuhkan waktu lebih lama untuk melakukan copas.

Cara tersebut adalah dengan mematikan fitur blok kata, kalimat pada artikel dengan memasang atau menambahkan kode css yang ada pada artikel ini.

Cara Mudah Mengamankan Artikel Dari Copy Paste

Langkah-langkahnya cukup mudah, silahkan sobat ikuti cara berikut ini :
  • Login ke blog sobat
  • Pada menu sebelah kiri, klik Tema > Edit HTML
  • Cari kode ]]></b:skin>, gunakan tombol pencarian ctrl+f, kemudian copy dan paste kode ]]></b:skin> di kolom pencarian
  • Copy kode css dibawah ini dan paste tepat diatas kode ]]></b:skin>

/* css anti copas */
.post-body{
-webkit-user-select: none;
-khtml-user-select: none;
-moz-user-select: none;
-ms-user-select: none;
user-select: none;
}
pre{
-webkit-user-select: text;
-khtml-user-select: text;
-moz-user-select: text;
-ms-user-select: text;
user-select: text;
}
kbd{
-webkit-user-select: text;
-khtml-user-select: text;
-moz-user-select: text;
-ms-user-select: text;
user-select: text;
}

Terakhir, Save perubahan yang sobat lakukan.

Untuk mengujinya, coba sobat buka artikel dan lakukan blok seperti akan melakukan copas. Jika pemasangan kode css sudah benar, sobat tidak akan bisa lagi menandai (blok) pada teks artikel.

Demikianlah cara mengamankan artikel dari copy paste, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.