Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengetian dan Cara Kerja LDAP

Hai sobat blogger..

Sudah lumayan lama admin tidak menulis artikel di blog ini, banyak hal yang menyebabkannya.

Kali ini admin akan menulis artikel mengenai protocol LDAP atau Lightweight Directory Access Protocol.



Pengertian LDAP (Lightweight Directory Access Protocol)

Berikut ini adalah beberapa pengertian dari LDAP yang admin kutip dari beberapa web.

Menurut wikipedia :

LDAP (Lightweight Directory Access Protocol) adalah protokol perangkat lunak untuk memungkinkan semua orang mencari resource organisasi, perorangan dan lainnya, seperti file atau printer di dalam jaringan baik di internet atau intranet. Protokol LDAP membentuk sebuah direktori yang berisi hierarki pohon yang memiliki cabang, mulai dari negara (countries), organisasi, departemen sampai dengan perorangan. Dengan menggunakan LDAP, seseorang dapat mencari informasi mengenai orang lain tanpa mengetahui lokasi orang yang akan dicari itu.

Menurut kamuskomputer

LDAP (Lightweight Directory Access Protocol) adalah protokol perangkat lunak untuk memungkinkan siapa saja untuk menemukan organisasi, individu, dan sumber daya lain seperti file dan perangkat di jaringan, baik di Internet publik atau di intranet perusahaan. LDAP adalah versi “lightweight” atau ringan (jumlah kode yang lebih kecil) dari Directory Access Protocol (DAP), yang merupakan bagian dari X.500, standar untuk layanan direktori di jaringan.

Dari dua pengertian diatas kita bisa menyimpulkan bahwa Lightweight Directory Access Protocol (LDAP) adalah sebuah protocol yang memungkinkan siapapun mengakses sebuah file yang berada dalam sebuah directory untuk digunakan dimanapun berada yang tentuunya hanya terbatas pada yang memiliki ijin akses.

Fungsi LDAP (Lightweight Directory Access Protocol)

Fungsi LDAP untuk merapihkan serta membuat database tersebut menjadi terpusat. Dengan adanya jaringan yang terpusat,memungkinkan user untuk berpindah tempat tanpa harus membawa-bawa Personal Computer-nya.

Lightweight Directory Access Protocol atau LDAP adalah TCP / IP berbasis protokol internet yang digunakan oleh program email dan beberapa aplikasi lain untuk mencari dan mengambil informasi dari sebuah direktori disimpan pada sebuah server. Direktori adalah repositori menyimpan data potongan identik dari informasi dalam urutan hirarkisdan logis.
Cara kerja LDAP (Lightweight Directory Access Protocol)

LDAP menggunakan model client-server, dimana client mengirimkan identifier data kepada server menggunakan protokol TCP/IP dan server mencoba mencarinya pada DIT (Directory Information Tree) yang tersimpan di server. Bila di temukan maka hasilnya akan dikirimkan ke client tersebut namun bila tidak maka hasilnya berupa pointer ke server lain yang menyimpan data yang di cari.

Sebagai contoh, sebuah direktori telepon yang memiliki berbagai nama pelanggan yang diindeks secara alfabetis dengan nomor telepon dan alamat yang terkait adalah contoh dari sebuah direktori.

Struktur semacam ini dengan mudah dapat diimplementasikanmenggunakan LDAP. Namun, protokol ini tidak terbatas hanya untuk mengaksesinformasi kontak tentang orang-orang. Hal ini dapat menemukan sumber daya berbagi pada jaringan seperti printer dan scanner, dan memungkinkan orang untuk menggunakansumber daya dan layanan bersama lainnya menggunakan password tunggal.

Demikian penjelasan singkat mengenai LDAP, semoga bisa menambah wawasan kita bersama.