Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah-Langkah Membuat FTP Server

Langkah-Langkah Membuat FTP Server Pada artikel ini kita akan belajar mengenai File Transfer Protocol atau yang lebih populer dikenal dengan FTP.

Apa itu FTP?

File Transfer Protocol (FTP) adalah sebuah protokol jaringan komputer yang terdapat pada salah satu lapisan OSI (OSI Layer) yang dirancang untuk keperluan berbagi file pada sebuah jaringan baik melalui internet maupun intranet.

FTP memiliki peranan penting ketika kita melakukan aktivitas dalam jaringan komputer. Saat kita mengunduh dan mengunggah file, menonton youtube, browsing, itu semua bisa kita lakukan berkat adanya ftp. Terdapat 2 hal penting jika kita berbicara mengenai ftp, yaitu ftp server dan ftp client.

File Transfer Protocol (FTP) Server berfungsi sebagai pusat data (file) yang bisa diakses oleh semua ftp client untuk melakukan download dan upload data (file).

FTP Server bisa hanya berbentuk jaringan lokal saja (intranet) juga bisa berbentuk publik (internet). Jika ftp server hanya kita butuhkan agar setiap karyawan diperusahaan kita bisa saling berbagi file secara terpusat, maka kita bisa membuat sebuah server ftp lokal yang hanya bisa diakses melalui jaringan lan kantor saja tanpa harus memiliki ip publik internet.

Fungsi FTP

Dari penjelasan diatas sudah jelas bahwa fungsi dari ftp adalah sebagai jembatan yang mengakomodir aktivitas pertukaran data saat kita berada dalam jaringan komputer, baik download, upload, streaming vidio, browsing.

Kita akan mencoba untuk membuat ftp server tanpa menggunakan aplikasi. Langkah-langkah membuat server ftp pada artikel ini saya lakukan pada laptop dengan sistem operasi Windows 10.

Langkah-Langkah Membuat FTP Server

1. Aktifkan FTP Server

> Buka Control Panel, caranya klik kanan pada logo Windows di pojok kiri bawah layar laptop/komputer, pilih Control Panel. Jika tidak ada pilihan Control Panel maka pilih Search, kemudian ketik Control Panel.



> Pilih ProgramProgram and Features, kemudian klik pada Turn Windows features on or off


> Klik tanda tambah [+] pada Internet Information Service dan FTP Server, kemudian centang pada FTP Server, FTP Extensibility dan FTP Service.

> Klik tanda tambah [+] pada Web Management Tools, kemudian centang pada IIS Management Console.


> Jika sudah sesuai dengan gambar diatas, klik OK
> Tunggu saat Windows melakukan proses pengumpulan file-file yang dibutuhkan dan menyimpan perubahan pengaturan yang kita lakukan tadi, jika sudah selesai klik Close.

Proses mengaktifkan service FTP Server pada Windows10 sudah selesai. Kita masuk pada langkah berikutnya..

2. Menambahkan FTP Site dan Menentukan Lokasi Folder FTP 

> Buka kembali Control Panel dengan cara yang sama pada langkah sebelumnya. Kemudian pilih Program >> System and Security >> Administrative Tools

Kemudian klik 2x (double klik) padaInternet Information Services (IIS) Manager


> Kemudian pada jendela baru Internet Information Service (IIS) Manager, Klik kanan pada nama komputer sobat, pilih Add FTP Site



> Buat nama ftp pada kotak FTP Site name dan pada Physical path tentukan folder tempat penyimpanan file ftp server, kemudian klik Next



> Pada kotak Binding and SSL Settings, tambahkan pengaturan seperti ini:
  • IP Address: All Unassigned >> Port: 21
  • Centang pada Start FTP site automatically >> No SSL dan klik Next


> Selanjutnya, pada kotak Authentication and Authorization Information, tambahkan pengaturan seperti ini:
  • Authentication : centang pada Anonymous dan Basic
  • Allow access to : pilih All users
  • Permissions : Read
Jik sudah klik Finish



Sampai disini server ftp kita sudah siap untuk digunakan. Untuk file yang akan di share harus berada pada folder ftp yang sudah di tentukan.

3. Mencoba Akses ke FTP Server

Untuk mencoba akses ke ftp server bisa kita lakukan dari laptop (komputer) yang kita gunakan sebagai server ftp, namun alangkah baiknya jika kita menggunakan laptop (komputer) yang lain agar hasilnya pengujiannya lebih real.

Cara mengaksesnya sangatlah mudah :
  • Buka web browser Internet Explorer, Google Chrome, Mozilla dan lain-lain.
  • Pada kotak url, ketik : ftp://ip-address-server-ftp
  • Enter

Demikian langkah-langkah membuat ftp server di Windows 10, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.